Mimpi Besar Vana di Musik Bali

Fana

Vana, band dari Negara pengusung lagu rock alternatif berbahasa Bali

BICARA soal musik di Bali, bisa dibilang semua daerah punya potensi. Hanya selama ini lebih banyak muncul dan dibicarakan dari beberapa kota saja. Salah satu daerah yang juga potensial di musik namun belum banyak tergarap dan dipublikasikan adalah kabupaten Jembrana. Salah satu potensi itu adalah Vana band yang berasal dari Kota Negara. Mendekati makna namanya, band ini punya mimpi besar di kancah musik khususnya di Bali.

Awalnya saat dibentuk 2013, memainkan musik dengan format akustik, sempat gonta ganti personel, hingga akhirnya 2015 memutuskan untuk mengusung musik rock alternatif  dengan lirik lagu berbahasa Bali. Jadilah kemudian Vana melangkah dengan harapan baru, didukung personel Nata (vokal, gitar ritem ), Zee (gitar melodi ), Hans (bass), dan Bayu (drum). “Kami berempat sepakat di jalur musik Bali karena kami ingin turut melestarikan lagu berbahasa Bali dalam balutan musik rock,” jelas Hans, bassist Vana kepada mybalimusic.com.

Tak hanya sekadar bermusik, sebagaimana juga band lain, Vana punya keinginan kuat untuk bisa dikenal secara luas baik di Bali maupun kota lain. Karenanya menghasilkan karya sendiri dan mempublikasikannya secara luas menjadi target utama. Hingga awal tahun ini, Vana berhasil mewujudkan keinginan memiliki album sendiri dengan merilis “Astungkara”. Menyodorkan lagu yang sebagian besar mengambil tema keseharian, Vana juga merilis tiga video klip untuk lagu “Kasta”, “Percuma”, dan “Sing Masalah”.

“Lagu- lagu yang kami ciptakan bercerita tentang realita kehidupan sehari-hari, tapi ada juga yang memang pengalaman pribadi dari personil tentang cinta. Vana yang dikreasikan dari kata fana yang berarti mimpi nyata, sama dengan tujuan kami yang ingin mewujudkan mimpi besar dalam karya kami di musik,” jelas Hans.

Lagu-lagu lain dari Vana sebut misalnya “Menyama”, “Mekenyem”, “Isin Gumi”, “Jual Mahal”, “Sing pantes”, “Egois”, “De to pikir”, “Om Swastiastu”, dan “Astungkara”. Selain mengisi berbagai acara pentas baik di kota Negara maupun kota lain di Bali seperti Denpasar dan sekitarnya, saat ini Vana juga mulai mempersiapkan materi lagu baru dan merencanakan penggarapan video klip terbaru. (231)