Balian, 11 Tahun Menunggu “Kingdom of Dogs”

Balian

KALAU memang sudah niat, apapun akan jadi. Walaupun pandemi Covid-19 membuat banyak hal menjadi tertunda dan tak bisa terlaksana, namun grup musik Balian tetap menuntaskan keinginan mereka merilis satu karya, bukan single lagi, tapi langsung album.

Sebuah album berjudul “Kingdom of Dogs” diluncurkan dalam satu pesta peluncuran secara virtual, live streaming dari Antida Music, Denpasar, akhir pekan kemarin. Karya ini menjadi satu penantian panjang, jatuh bangun dalam proses kreatif, sejak nama Balian secara resmi diproklamirkan 11 tahun silam.

Edrward, salah satu pentolan Balian menuangkan ide dan pikirannya dalam menggarap lagu-lagu yang kesemuanya bisa dinikmati pada album ini. Ada sebelas lagu di dalam album ini yang ia ciptakan sendiri. Sebagian memang dibantu penulisannya liriknya oleh beberapa teman, tetapi dari konsep musik keseluruhan dia yang mengerjakan.

“Semua lagu yang ada di album ini bisa dibilang kombinasi dari segala perjalanan dan cerita tentang hidup, dan sebuah hubungan, cinta dan keseluruhan dunia yang berubah sedemikian cepat,” ujarnya.

Balian menjadi satu grup musik yang unik di belantika musik Bali. Adalah duo musisi warganegara Australia yang sudah lama berdiam di Bali, Edward (gitar dan vokal), Aaron (Gitar), yang mampu memadukan kreativitas musiknya dengan dua orang personel putra kebanggaan Bali, Eddie Surya (bass), dan Gembull (drum).

Pemunculan Balian juga tak lepas dari dukungan pembuat film Erick Est. Dialah yang mengemas pentas virtual Balian dengan menampikan semacam film pendek dari lagu-lagu Balian yang telah diluncurkan sebelumnya seperti “Beautiful Mess”, dipadukan dengan lagu-lagu baru Balian seperti “Warped Reality” dan “Kingdom of Dogs”.

Tak hanya itu, live streaming saat acara jadi makin menarik dengan adanya obrolan antara musisi dalam mengenang sepak terjang semasa hidup almarhum Made “Navicula”, yang dulu pernah mengisi bass di lagu-lagu Balian. “Pengambilan gambar dilakukan tidak hanya satu panggung. Ada scene yang dibangun dari awal Balian memainkan lagunya di dalam studio, hingga beraksi di panggung. Bagi yang penasaran bagaimana racikan musik Balian, lagu-lagu dari “Kingdom of Dogs” sudah bisa diakses di sejumlah platform musik digital. (231)

About the author