Tema Berbeda dari Vana di Lagu “Gantung”

Vana
Vana Band, dari kiri ke kanan : Zee, Bayu, dan Natha

GARA-GARA melibatkan personel sebagai pemeran cerita dari satu video klip, grup musik Bali, Vana, mendapat acungan jempol dari penggemarnya. Bermula ketika Vana merilis single berjudul “Gantung” awal bulan lalu. Selain melibatkan personel dalam penggarapan video klip, lewat lagu ini Vana mencoba menawarkan teman yang sedikit berbeda.

“Kami ingin mencoba mulai mengurangi penggarapan lagu dengan tema cinta dengan memperbanyak lagu dengan tema lain , misalnya tema sosial maupun tradisi dan budaya. Karya mana juga bisa diramu ke dalam musik dengan genre rock alternative,” ujar Natha, vokalis Vana  di Denpasar, Sabtu (21/9).

Di lagu “Gantung”, Vana mencoba melihat masalah cinta dari sudut lain. Lagu ini menceritakan seseorang yang rela mengorbankan apa yang telah dirasakan dan diperjuangkan . Pesannya, dalam tiap hubungan akan ada ujian, dan tentunya rasa kasih sayang yang tulus akan melahirkan perubahan rasa yang begitu dalam untuk bisa saling menjaga satu sama lain.

“Tiap manusia pasti punya kekurangan dan tergantung dari mana kita memulai untuk perubahan yang lebih baik ke depannya,” kata Natha yang tak hanya menyanyi, namun juga langsung menyutradarai video klip “Gantung”.

Meskipun banyak penyanyi dan band baru bermunculan, Natha mengatakan Vana akan tetap semangat untuk menampilkan karya-karya orisinil. Selalu yakin dengan apa yang sedang dikerjakan , berusaha memperluas jangkauan promosi, tak lupa menjalin hubungan baik dan membuka jaringan dengan musisi lain. Natha yakin, dengan masukan dan ide dari berbagai pihak bukan tak mungkin akan memberi pengaruh baik untuk Vana ke depannya.

Saat ini Vana sedang mempersiapkan project bekerjasama dengan Rah Two XXX. Ini juga merupakan bagian dari persiapan Vana untuk menuju rekaman album ke-2.

Dibentuk 2013, Vana punya mimpi besar di kancah musik khususnya di Bali. Awalnya mereka memainkan musik dengan format akustik, sempat gonta ganti personel, hingga akhirnya 2015 memutuskan untuk mengusung musik rock alternatif dengan lirik lagu berbahasa Bali. Setelah beberapa kalo berganti formasi,

Hingga saat ini Vana masih solid dengan formasi Natha (vokal, gitar ritem), Zee (gitar melodi), dan Bayu (drum). Dalam penampilannya, mereka mengajak pemain tambahan untuk mengisi bass. Vana merilis rekaman pertama dalam bentuk album berjudul “Astungkara” di tahun 2017. Selain itu mereka juga sempat merilis single “Buah Basang”. (231)

 

About the author