Eka Jaya Kembali Jadi “Muani Pilihan”

Eka2
Eka Jaya

PENYANYI lagu pop Bali, Eka Jaya kembali menjadi “Muani Pilihan”. Ya, setelah lama vakum dari aktivitas rekaman, ia baru mulai mencoba bangkit kembali awal tahun ini. Setelah duet bersama Ayu Saraswati untuk “Astungkara Ada Jalan” Mei lalu, akhir bulan ini ia merilis satu rekaman lagi. Lagu yang dibawakan, “Muani Pilihan”.

Betul, “Muani Pilihan” bukan lagu baru. Lagu ini sudah dibawakan Eka di album berjudul sama 16 tahun silam. Namun kali ini ia bawakan kembali dalam versi akustik, direkam ulang di Sila Homestudio. Menurut  Eka, aslinya lagu ini diciptakan 2002, waktu pertama bergabung di Aneka Record.

“Memang lagunya sudah agak lama, tapi banyak yang meminta untuk dirilis ulang versi akustik. Syukur, lagu ini pernah hits di radio-radio dan menempati puncak tangga lagu pop Bali di sejumkah radio. Penjualan kasetnya juga lumayan kencang karena lagu ini,” tutur Eka kepada mybalimusic.com di Denpasar, Sabtu (24/8).

Paham bawah lagu “Muani Pilihan” dan “Selem-Selem Manis” yang kuat mengangkat namanya di blantika musik pop Bali, Eka pun berupaya membangkitkan kenangan penggemarnya dengan merekam ulang lagu ini. Keinginan yang utama, mengobati kerinduan para penikmat, pendengar lagu Bali yang dulu pernah suka dengan lagu ini.

Meskipun saat ini mencoba menyapa penggemar dengan lagu lama, tak berarti Eka Jaya tak punya karya baru. Ia pun sudah punya rencana merekam lagu baru. Namun sementara masih sebatas konsep, karena terganjal kesibukan di tempat bekerja.

Penyanyi asal Klungkung ini mulai berkiprah di rekaman lagu pop Bali sejak akhir 90-an dengan bergabung di Intan Dewata Record. Sempat merilis satu album solo dan ikut di beberapa kompilasi, ia kemudian “hijrah” ke Aneka Record. Di sini ia merilis “Bulan Bisu” (2002) yang antara lain mempopulerkan duet “Mabunga-bunga” bersama Ayu Saraswati. Setahun kemudian ia merilis “Muani Pilihan” yang di dalamya juga terdapat hits “Selem-selem Manis”, disusul album “Makelo-kelo” (2005), dan terakhir “Ada Sing Ada”. (231)  

Eka1
Eka Jaya

 

About the author