“Astungkara Ada Jalan”, Eka – Ayu Duet Lagi

eka Ayu

Ayu Saraswati dan Eka Jaya

DALAM sejarah perkembangan lagu pop Bali, ada banyak duet fenomenal yang muncul. Salah satunya duet Eka Jaya dan Ayu Saraswati yang dikenal dengan duet “Mebunga-bunga”. 15 tahun berlalu setelah lagu yang sempat booming itu, terbetik kabar kalau mereka berdua akan duet lagi untuk satu lagu baru di awal 2019 nanti.

Bagi penggemar lagu pop Bali, tentu saja ini menarik, karena sudah begitu lama pasangan duet ini “pisah” dan tak merilis karya gersama lagi. Untuk pemunculan kembali, satu lagu berjudul “Astungkara Ada Jalan” sudah selesai direkam di Sila Homestudio, tinggal menunggu proses mixing. Kepada mybalimusic.com, Ayu Saraswati mengatakan semuanya bermula saat ia dan Eka bertemu lagi ketika menyanyi untuk pengungsi korban erupsi Gunung Agung beberapa waktu lalu.

“Awalnya ini lagu bertema cinta, lalu kami pikir kayaknya lebih bagus kalau ungkapan astungkara ada jalan ini dibuat jadi universal saja,” jelas Ayu.

Sekian lama tidak rekaman bareng lagi, Ayu mengatakan rasanya seperti tak percaya akan rekaman duet lagi. “Sudah tua, eh rekaman lagi. Kalau saya pribadi menjadikan rekaman ini untuk mengobati rasa kangen rekaman, kangen banget suasana nyanyi. Kalau misalnya nanti bagus, bisa seperti duet sebelumnya, itu berarti bonus bahagia. Bisa diingat kembali oleh penggemar lagu Bali,” ujarnya.

Sementara itu Eka Jaya mengatakan awalnya tak ada gairah dan semangat lagi untuk berkarya, setelah melihat fenomena pembajakan yang merajalela sebelumnya. Selain itu ia juga merasa sedang ada dalam posisi titik jenuh dalam berkarya, sehingga tiap lagu yang ia garap tak kunjung jadi. Padahal sudah dari beberapa tahun lalu, Ayu Saraswati kerap berpesan untuk dibuatkan lagu baru.

“Dulu mood saya memang sempat hilang. Mungkin setelah break, istrahat yang panjang, akhirnya otak dan ide saya seperti refresh lagi. Akhirnya  beberapa bulan terakhir semangat dan ide-ide saya kembali seperti dulu. Setelah melewati beberapa proses, akhirnya semua bisa terwujud. Semoga awal tahun nanti single kami bisa dirilis,” komentar Eka Jaya.

Ditambahkan, rencana menggarap dan merekam “Astungkara Ada Jalan” sudah cukup lama, hanya baru bisa kesampaian akhir tahun ini. Persoalannya apalagi kalau bukan menemukan waktu yang pas untuk keduanya bisa fokus rekaman. Sehari-hari, baik Eka maupun Ayu sama-sama memiliki kegiatan atau pekerjaan rutin di luar aktivitas menyanyi.

“Yang jelas duet kami kali ini sedikit berbeda temanya, tidak lagi masalah percintaan seperti dulu. Kami coba mengangkat tema yang berisikan motivasi kehidupan,” pungkas Eka. (231)