“Setata Pipis”, Agustin: Ini Curhat Ibu Rumah Tangga

Agustin

PENYANYI lagu pop Bali, Agustin, kembali mencuri perhatian. Gegara lagu terbaru “Setata Pipis”, ia banyak mendapat like dan komentar. Tentunya tak hanya dari kaum hawa namun juga para adam.

Kepada mybalimusic.com, Agustin mengaku lagu ini memang khusus dibuatkan oleh Yan Tawan untuknya. Seperti biasa, maunya tak pakai banyak basa basi, sat set sat set, lagu ini diproses dalam waktu singkat mulai dari proses rekaman, penggarapan musik oleh Dek Artha hingga pembuatan video musik oleh Yasa Sega. Menariknya, karena masalah jadwal studio yang padat, “Setata Pipis” malah keluar belakangan daripada “Montor Tua”.

Di lagu ini, dengan karakter vokal yang dan gaya menyanyi yang khas, Agustin menceritakan kisah ibu rumah tangga pada umumnya. Masalah  yang lebih spesifik apalagi kalau bukan masalah keuangan.

“Sebenarnya ini sih curhat yang dialami hampir semua ibu-ibu di seluruh dunia kali ya? Ya … karena related banget sama kenyataan hidup, yang kadang saya alami juga,” kata Agustin.

Dikatakan, dengan kata-kata yang lugas, penyampaian makna liriknya begitu mengena dan pas dengan kehidupan nyata sehari-hari yang dialamu ibu rumah tangga. Agustin pun menngaku untuk video musik yang konsepnya dibuat Dek Artha dan beberapa tambahan dari Yasa Sega, ia  tampil total.

“Karakter Saya dapat banget di lagu ini,” tukasnya.

Agustin melanjutkan, ada pesan yang perlu dipahami di lagu ini. “Untuk para suami, juga untuk suami saya, jangan pernah menanyakan sama istri uangnya habis untuk apa aja? Karena ini adalah pertanyaan yang sangat sulit dijawab oleh para istri,” ujarnya sembari tertawa.

Agustin

Agustin dikenal sebagai penyanyi lagu pop Bali sejak turut mengisi sejumlah album kompilasi lagu pop Bali di berbagai label rekaman sekitar 20 tahun silam. Namanya terangkat berkat duet bersama Yan Se untuk lagu “Kangen” di tahun 2000. Berikutnya ia dipasangkan bersama Yan Wikarya di lagu “Taman Hati”, “Ketemu di Ipian” dan yang paling populer “Kecupan Sayang” di tahun 2003 produksi Kaplug Dadi Record

Sempat vakum cukup lama, tahun 2019 baru muncul kembali dengan lagu duet “Kantong Bolong” bersama Yudi Kresna.

Penyanyi bernama lengkap Kadek Agustin ini kemudian dikontrak oleh Aneka Record dan menghasilkan sejumlah hits seperti “Nasin Pisaga” dan “Sing Nyidang Meli Lengis”. Selain itu ia juga dipasangkan bersama Dwi Negari untuk lagu seperti “Teruna Jail”, ”Buleleng Karangasem”, dan “Kernet Dadi Penumpang”. Sempat vakum cukup lama, ia baru muncul kembali dengan lagu duet “Kantong Bolong” bersama Yudi Kresna, disusul “Ujan-Ujan” dan “Ngalih Dingin”. Selain single “Istri Sujati”, ia juga duet bersama Tri Puspa untuk lagu “Ngae Karma Luung”. (231)

About the author