“Saksi Tresna”, Medal Sugata vs Mang Cucun

Medal Sugata dan Mang Cucun

ADA yang baru dari Medal Sugata. Jarang-jarang menyanyi, pria yang sempat menciptakan beberapa karya untuk penyanyi pop Bali ini mengawali 2024 dengan rekaman duet. Tidak main-main, ia menggaet penyanyi senior Mang Cucun untuk satu lagu baru berjudul “Saksi Tresna”.

Menurut Medal Sugata, ajakan untuk berduet pernah ia Iontarkan ke Mang Cucun setahun Ialu. Penembang “Sayang Sekayang-Kayang” itu pun mengiyakan dan bilang gass bli. “Masalahnya saya yang belum yakin dan belum pede waktu itu dengan kemampuan saya berolah vokal. Maklum, dasarnya saya memang bukan penyanyi, karena saya biasa berada di belakang panggung dan profesi saya adalah tukang sorot,” komentar Medal Sugata.

Saat makin banyak penggemar lagu pop Bali yang ingin melihat Mang Cucun menyanyi lagi, Medal Sugata pun mematangkan lagi rencana rekaman duet. Demo lagu “Saksi Tresna” dikirimkan, dan respons Mang Cucun terbilang cepat dan menyatakan cocok.

“Setelah mengatur waktu dan mencocokkan beberapa bagian, termasuk menentukan musiknya seperti apa, rekaman langsung digarap, didukung aransemen musik Oji Bray,” tambah Medal Sugata.

Lagu “Saksi Tresna” mengisahkan tentang percintaan, sepasang kekasih berjanji biar tetap sehati, bertepatan saat bulan purnama. Bulan purnama itulah yang menjadi saksi kisah kasih mereka berdua.

Meskipun sudah pernah rekaman, tak urung Medal Sugata mengaku minder saat rekaman bersama Mang Cucun di studio. Setelah Mang Cucun membesarkan semangatnya dan mengatakan sing ada keto, Bli, ia pun lebih tenang.

“Rekaman dan proses rekamannya pun tidak begitu lama. Selesai rekaman saya merasa plong, karena bebannya sudah hilang. Mang Cucun pun tidak memberi komentar atau menilai vokal saya. Intinya kanggo,” demikian Medal Sugata.

Sebelum ini, Medal Sugata muncul dengan lagu “Saling Sayangang”. Sebelumnya karyawan TVRI Bali ini banyak bergerak di balik layar, hingga turut menjadi host klip Nak Bali di TVRI Bali bersama Widi Widiana dan De Ulik. Beberapa karya ciptanya seperti “Ampurayang” duet Yudi kresna dan Dek ulik, “Ujan-Ujan” duet Yudi kresna dan Agustin, juga “Kaden Aluh” nyanyian Dek Ulik. (231)

About the author