“Saup Sangkol”, Gunawan Tenar dalam Sekejap

Made Gunawan

SALAH satu penyanyi pendatang pop Bali pendatang baru yang melejit belakangan adalah Made Gunawan gara-gara lagu Saup Sangkol namanya tenar dalam sekejap. Dari sekian banyak karya yang beredar, ia cepat melejit dan banyak dibicarakan ini juga mulai kerap menerima tawaran manggung.

Bagaimana tidak dalam waktu sekitar dua minggu lagu sang kol sudah meraih lebih dari 700.000 viewer tentu saja hal ini membuat Made Gunawan bangga meskipun ia mengaku awalnya sama sekali tidak menduga.

“Saya tidak bisa tidak menduga lagunya cepat diterima dan sukses karena saya sendiri tidak menyangka akhirnya bisa rekaman dan membawakan lagu ciptaan Gede Pranajaya,” ujar penyanyi bernama asli Made Widiantara ini.

Lagu “Saup Sangkol”, jelas Made Gunawan, bisa dikatakan sebagau kelanjutan dari lagu “Salip di Pengkolan” yang dipopulerkan Gus Jody. Kebetulan penciptanya sama, Gede Pranajaya. Karenanya dalam liriknya pun ada kalimat apang tusing salip di pengkolan.

Pria asal Blantih, Kintamani ini mengaku sejak kecil memang suka menyanyi bahkan kerap ngumpul dengan orang yang lebih dewasa untuk sekadar main gitar dan menyanyi. Namun ia sendiri tidak kepikiran akan rekaman dan menjadi seorang artis karena selain tidak ada biaya juga tidak tahu jalan yang harus ditempuh.

Merantau ke Denpasar, Made Gunawan sempat melakoni berbagai profesi mulai dari menjadi karyawan di toko cemilan, hingga sebagai satpam di salah satu perumahan. Hingga satu ketika rekamannya sedang menyanyi yang diunggah di TikTok dilihat oleh Gede Pranajaya yang kemudian tertarik dan langsung menghubunginya untuk diajak rekaman.

Pengagum anak Agung Raka Sidan ini mengatakan belum tahu setelah ini apa rencananya di blantika musik pop Bali yang jelas ia mengaku ingin terus berkarya dan tetap bisa digemari masyarakat luas. (231)

About the author