Dari “Sing Berarti”, Double U Mencari Arti

Double U bersama Dewi Pradewi

BISA berkarya menjadi kebanggaan bagi seorang penyanyi atau grup band. Lewat karya, mereka bisa memberi arti bagi eksistensi diri. Begitu pula dengan Double U, grup band yang baru saja merilis single terbaru, satu lagu pop Bali berjudul Sing Berarti.

Sejatinya, lagu ini sudah ada sejak 9 tahun lalu, diciptakan musisi dari Klungkung, Dewa Dedy. Tertarik dengan lagu ini, Ngurah Oka Wiguna sebagai vokalis Double U meminangnya untuk diaransemen ulang.

“Lagu ini tentang friendzone, perjuangan seorang laki-laki dalam menggapai hati wanita yang ia kagumi. Begitu banyak pengorbanan yang sudah ia lalui, tapi sayang si lelaki hanya dianggap sebagai teman biasa, tidak lebih. Bahkan si wanita memilih laki-laki lain,” tuturnya.

Bagi Wiguna, rilis Sing Berarti sangat berarti dalam perjalanan Double U. Di lagu ini mereka bisa kolaborasi bersama Dewi Pradewi, penyanyi yang biasanya ia tonton lewat layar kaca maupun di atas panggung.

“Saya masih tidak percaya, seorang Dewi Pradewi mau dengan senang hati membantu kami dalam berkarya. Suatu kehormatan dalam hidup saya. Ini juga tidak lepas dari bantuan Ketut Sila, arranger yang memungkinkan saya duet bersama Dewi Pradewi,” ujarnya.

Double U terbentuk 2017, berawal dari keisengan Ngurah Oka Wiguna yang bermusik dengan teman-teman untuk melepas lelah sehabis bekerja. Kumpul di warung sembari ngobrol, sambil maij musik juga dengan alat seadanya. Kesempatan manggung dari banjar ke banjar pun mereka lakoni, dengan membawa nama N.O.W & Friends atau Ngurah Oka dan kawan-kawan, karena belum terpikir untuk membuat nama band.

Akhir 2017 barulah nama band ditetapkan menjadi Double U yang kalau diucapkan dalam Bahasa Inggris, adalah huruf W. Kebetulan, nama awal dari ketiga personil adalah huruf W, mulai dari Wiguna (vokal, gitar), Wira (bass), dan Wahyudi (cajon). Untuk lagu terbaru Sing Berarti, formasi berubah menjadi Wiguna (vokal, gitar), Angga (gitar), Wira (bass), dan Tut Yudi (cajon).

“Untuk melengkapi isian musik, tiap berkarya kami menggunakan additional player, itu pun berbeda-beda, tergantung siapa yang bersedia membantu,” demikian Wiguna.

Sejak dibentuk hingga saat ini, Double U sudah merilis lima lagu, diawali dari Maafkan Bli, Percaya, Harmoni Nada Cinta, Sing Berubah, dan terbaru Sing Berarti. (231)

About the author