“Modus”, Ayu Saraswati – Ray Peni Duet Kebetulan

Ray Peni dan Ayu Saraswati

DUA penyanyi lagu pop Bali dengan ciri khas masing-masing. Ayu Saraswati dengan suara melengking biasanya duet dengan Eka Jaya. Satunya lagi, Ray Peni penyanyi solo yang belakangan banyak dikenal dengan lirik lagu sederhana. Tetiba berdua muncul duet membawakan satu lagu berjudul Modus yang diciptakan Ray Peni sendiri. Lalu mengapa duet ini dikatakan terjadi secara kebetulan?

“Lagu ini sebenarnya sudah ada sejak lama, kira-kira tiga tahun lalu sebelum pandemi saya diberikan lagu ini oleh Ray Peni. Cuma karena satu dan lain hal, baru dua tahun lalu saya serahkan ke Dek Artha untuk dibuatkan musiknya,” cerita Ayu Saraswati.

Ternyata, proses rampungnya Modus tak segampang itu. Giliran mau rekaman, Ayu Saraswati yang sibuk. Hingga akhirnya Ray Peni yang rekaman terlebih dahulu. Proses rekaman pun diselesaikan Januari lalu. Setelah rekaman jadi, giliran keduanya sibuk hingga agak sulit mencocokkan waktu untuk membuat video klip.

Dengan latar belakang warna musik berbeda, bisa dibayangkan Modus pun akhirnya menjadi lagu yang agak jauh dari nuansa lagu Ayu Saraswati Selama ini. Sedikit lebih nge-beat dan agak ceria. Ayu pun mengatakan ada cerita menarik soal lagu ini. “Lagu ini lau operan,” kata Ayu sembari tertawa.

Bukan tanpa alasan Ayu mengatakan demikian. Konon awalnya lagu ini diciptakan oleh Ray untuk pasangan duet penyanyi pop Bali lainnya. Namun karena dirasa temanya kurang pas, lagu ini pun dikembalikan. Hingga Ray Peni menyerahkan Modus kepada Ayu Saraswati.

Tak ada bayangan lain bagi Ayu selain mengajak Eka Jaya. Ternyata setelah dipelajari, Eka merasa kurang sreg dan tidak nyaman dengan iramanya yang agak beda. Ujung-ujungnya, Modus pun dicobakan berdua, Ayu Saraswati dengan pencipta lagunya, Ray Peni.

“Ya mudah-mudahan duet baru ini bisa mengena dan diterima masyarakat,” harap Ayu Saraswati. (231)

Ayu Saraswati dan Ray Peni

About the author