Ketika Made Bawa “Kangen” Almarhum Adik

Made Bawa

MOMEN Hari Siwaratri, Selasa (12/1) lalu membawa kesan tersendiri bagi Made Bawa alias Lolot. Tepat di hari yang disucikan umat Hindu di Bali ini, ia merilis satu lagu berjudul “Kangen”. Bukan lagu kasmaran, namun ungkapan kerinduan akan mendiang sang adik.

“Kebetulan lagu ini keluarnya bertepatan dengan Siwaratri, dan pas pula almarhum adik saya sangat menyukai momen yang sering disebut malam perenungan dosa ini,” ujar Made Bawa kepada mybalimusic.com.

Dikatakan, walau lagu “Kangen” terinspirasi dari kerinduan terhadap sosok sang adik, namun lagu ini secara umum bisa menjadi ungkapan kepada orang yang sangat kita sayangi. “Lagu ini juga berdasarkan kisah nyata dari adik saya yang sudah tiada tiga tahun lalu. Saya yakin dia pun merasakan hal yang sama dengan apa yang kami rasakan di sini, satu kerinduan, hanya karena perbedaan tempat dan waktu tak mungkin akan berharap lagi, hanya doa terindah yang bisa kami lakukan saat ini,” jelas Made Bawa.

Untuk menyelesaikan proses rekaman, Made Bawa didukung Gede Indrayana, seorang pemain seruling dari kota Negara. Sedangkan penggarapan lagu, lirik, juga aransemen musik hingga proses mastering ia kerjakan sendiri. Bahkan editing video pun ia lakukan kerjakan sendiri pula. Hanya untuk proses suting, Made Bawa dibantu Bayu Kramas, Tu Det, dan Micheal Tio sebagai vidografer.

Lagu “Kangen” menjadi karya terbaru dari projek solo Made Bawa di luar band Lolot. Di bawah nama D’Tandung Project, ia konsisten menggarap sejumlah lagu “idealis” yang memang tidak sesuai atau tidak mungkin dimainkannya bersama teman-teman di band Lolot.

Ihwal munculnya ide membuat album D’Tandung Project, bermula dari banyaknya tawaran mengisi acara dalam skala kecil salah satunya acara pernikahan dan ulang tahun. Album pertama berjudul “Enteg Ngelinggihin Hati” memuat 12 lagu di antaranya Enteg Ngelinggihin Hati, Jomblo Permanen, Kidung Kasmaran (lagu cover), Langgeng, Ngemetuang Rasa Tresna (lagu cover), Pilih-pilih Bekul, Rahajeng Memargi, Waneh, Sautin Telephone Beli, Seenune Nyidang, Penjahat Kelamin, dan Gayatri Mantram. Untuk dapat menikmati lagu ini, Made Bawa tidak merilis rekaman secara fisik, namun mempublikasikannya melalui platform digital seperti Itunes, Youtube Music, Spotify, Amazone Music, Google Play Music. (231)

About the author