Resah karena Corona, Garap “Sandhyakalaning Purnama”

Gus Dex dan Komang Arjawa

WABAH virus Corona yang masih melanda berbagai belahan dunia memang meresahkan. Seluruh masyarakat termasuk di Bali berupaya melakukan pencegahan agar grubug bumi ini bisa dicegah dan tidak lebih meluas lagi.

Fenomena ini ini diam-diam juga mendorong musisi sekaligus penyanyi IBM Surya Cakrabawa yang akrab disapa Gus Dex untuk berkarya. Sosok yang cukup lama tak terdengar kiprahnya ini tergugah menggarap lagu sebagai wujud rasa jengah akan kondisi yag tengah terjadi. Muncullah Sandhyakalaning Purnama yang mulai diperkenalkan ke publik.

Lewat lagu ini Gus Dex mengatakan berupaya mengapresiasi segenap pihak yang telah berjuang untuk mengatasi penyebaran virus Corona sekaligus kepada masyarakat yang sedang bertahan agar bisa menghadapi serta melewati kondisi sulit ini.

“Bisa dikatakan lagu ini sebagai ungkapan keresahan ,sikap berontak terhadap keadaan-keadaan gegara wabah dunia ini. Namun kita harus segera menyadari keadaan sulit ini dengan terus berkreasi mencari solusi tanpa menyalahkan siapapun,” ujar Gus Dex sembari berharap single ini dapat menghibur sekaligus memberi kontribusi terhadap kemajuan seni budaya ke depan.

Untuk menyelesaikan rekaman Sandhyakalaning Purnama, Gus Dex bekerjasama dengan musisi Bali I Komang Arjawa. Dikatakan, proses kreatifnya berlangsung sangat singkat tak sampai sepekan. Komang Arjawa mengatakan kondisi sulit saat ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat termasuk kalangan seniman agar tetap bisa berkarya.

Baik Gus Dex maupun Komang Arjawa berharap karya kreatif ini dapat menggugah denyut kreatif musik Bali secara global. Selain lewat radio, nantinya lagu ini juga akan disebarluaskan melalui media sosial termasuk channel YouTube. (231)

About the author