“Jengah”, Pesan Agoes Sebelum Berlayar Lagi

Agoes never give up

PENYANYI lagu pop Bali memutuskan untuk merilis satu lagu baru lagi sebelum kembali berlayar, bekerja ke kapal pesiar. Satu lagu berjudul “Jengah” ia buat berisi pesan bagaimana perjuangan seorang pria yang ingin membahagiakan keluarganya.

“Kisah lagu ini dari pengalaman saya sendiri, tentang perjuangan seorang ayah yang memutuskan untuk merantau, berangkat bekerja ke luar negeri demi bisa membahagiakan keluarga. Ya niatnya ingin mengubah perekonomian dan masa depan keluarganya agar lebih maju,” jelas Agoes.

Penyanyi yang memakai nama Agoes never give up di karyanya ini menambahkan, ia sengaja kebut penggarapan lagu ini agar bisa dirilis sebelum berangkat berlayar lagi pekan lalu. Penggarapan lagu dan rekaman dilakukan dalam waktu singkat, termasuk pembuatan video musik di THS Studio.

Nama Agoes pertama kali muncul di belantika musik pop Bali saat merilis lagu “Move On” awal 2023, disusul “Indonesia Merdeka” di tahun yang sama. Memasuki 2024, beruntun ia melepas tiga rekaman, dimulai dengan “Never Give Up”, “Jengah”, dan “My Angel” yang dirilis bertepatan saat Valentine Day. Selain menyanyi, pria bernama asli I Wayan Darmana ini juga sering menjadi model video klip untuk sejumlah penyanyi lagu pop Bali seperti Ray Peni (lagu Bojog Jeoang dan Buleleng Sidatapa) juga penyanyi pendatang baru Desak Ina.

Meskipun baru menapak rekaman lagu pop Bali dalam dua tahun terakhir, sejatinya pria asal Denpasar ini sudah menggeluti hobi bermusik sejak remaja. Hingga satu ketika ia berkesempatan bekerja di kapal pesiar milik salah satu perusahaan besar di Amerika. Setelah 14 tahun bekerja di kapal pesiar, Agoes memutuskan pensiun muda daro kapal pesiar. Ia pun mencoba menjalankan usaha pemasangan wallpaper, vnyl lantai dan rumput sintetis dengan nama usaha Amora Bali Wallpaper.

Leat usahanya itulah, ia bekernalan dengan Yoga, adik kandung Bolo, pemain gitar leeyonk Sinatra. Niatnya berkarya di musik kembali muncul lewat sejumlah percakapan. Terlebih setelah Agoes menunjukkan beberapa penampilannya di kapal pesiar. Dorongan dari Yoga untuk berkarya membuat Agoes berani mencoba menciptakan lagu dan membuat rekaman. Setelah merilis empat rekaman, Agoes pun terpanggil bekerja di kapal pesiar lagi untuk beberapa bulan ke depan. (231)

About the author