Duet Perdana, Gung Mas-Deva Ditantang Romantis

Deva Kastara dan Gung Mas di video musik “Saling Satya”

DUA penyanyi muda berbakat, Gung Mas Pemayun dan Deva Kastara merilis rekaman duet berjudul “Saling Satya”. Ini kali pertama keduanya rekaman bersama, membawakan lagu romantis. Meskipun lancar dan mulus dalam menyanyi dan rekaman, tak ayal keduanya agak canggung harus beradegan romantis dalam video musiknya.

“Kalau rekaman duet sudah pernah dua kali sebelumnya, sama Dek Ulik dan Agung Wirasuta. Tapi temanya kan beda, ini pertama kali duet menyanyikan lagu romantis,” ujar Gung Mas Pemayun saat peluncuran lagu sekaligus pemutaran video musik Saling Satya di Jambe Boga Sari, Batubukan, Kamis (17/11).

Penyanyi yang baru kelas I SMA ini mengaku tahu sebelumnya tak terpikirkan akan rekaman duet dengan Deva Kastara. Meskipun sudah kenal dan berteman di medsos serta saling follow, belum terbayang akan rekaman bersama. Apalagi latar belakang pengalaman menyanyi mereka agak berbeda. Adalah videographer Andy Duarsa yang sempat melontarkan ide, keduanya potensial untuk diduetkan.

Saat terlibat projek video musik dengan Sem, ide duet itu muncul lagi. Bahkan Sem kemudian menyodorkan lagu “Saling Satya” ciptaan Gek Cipta. Merasa cocok dengan lagunya, Gung Mas dan Deva tak menunggu lama untuk rekaman. Aransemen musik dipercayakan kepada Jiggo dari Palawara. Alhasil, duet baru ini muncul dengan lagu pop berbahasa Bali yang fresh dan terkesan modern.

Ketika ditanya mengapa tidak meminta kepada sang ayah — penyanyi juga pencipta lagu Eka Jaya – untuk dibuatkan lagu, Deva dengan tegas menjawab, “Rekaman sebelumnya kan sudah bawain lagu ayah. Sekarang coba bawakan lagu karya pencipta lain. Saya juga tidak mau selalu dikaitkan atau terkesan ada di bawah bayang-bayang ayah,” kilahnya.

Hal senada juga diungkapkan Eka Jaya. Ia mengaku sesungguhnya sudah menyiapkan satu lagu duet untuk sang putra. Namun untuk saat ini ia ingin melihat dulu seperti apa karakter duet Deva dengan Gung Mas. Sehingga kalaupun nantinya dibuatkan lagu, ia bisa memberikan lagu yang memang sesuai.

“Saya sangat mendukung anak saya dalam bermusik. Namun saya pernah berpesan, kalau mau jadi penyanyi, harus bisa sukses melebihi saya. Kalau masih jauh di bawah saya, mungkin dunianya tidak sana, ngga usah nyanyi,” cerita Eka Jaya perihal “tantangan” untuk sang anak.

Gung Mas yang bernama lengkap Dewa A.A. Istri Mas Widia Pradnyasuari Pemayun termasuk penyanyi pop Bali remaja yang aktif merilis karya baik berupa album maupun single berbahasa Bali dan Indonesia. Namanya mulai muncul saat merilis album pertama“Ngrastitiang Bali” tahun 2018. Disusul album kedua “Karma” November 2020. Selain itu ia juga turut mendukung album APBD 2019 dan Bali Kumara Gen #7. Terakhir, September lalu ia melepas lagu duet “Kemulan” bersama Agung Wirasutha.

Deva Kastara sudah menunjukkan minat dan hobi di bidang seni mulai dari seni tradisional seperti tabuh, juga seni musik dan olah vokal. Ia pun sempat menjajal kemampuan dengan ikut lomba cover lagu. Awalnya, Eka Jaya sebagai ayah kurang setuju jika cowok kelahiran 19 Desember 2002 ini mengikuti jejaknya di lagu pop Bali. Namun melihat Deva punya semangat kuat di bidang seni, bahkan lama-kelamaan terlihat ciri khas dalam menyanyi, ia pun mendukung sang putra berkarier di belantika musik pop Bali. (231)

Deva Kastara dan Gung Mas di video musik “Saling Satya”

About the author