“Sakuntala”, Kisah Chika yang Sempat Tertunda

Chika Cempaka

PENYANYI anak-anak Chika Cempaka terbilang aktif dan konsisten dalam berkarya. Selepas Matur Suksma Meme Bapa setahun silam, kali ini ia kembali dengan satu lagu baru berjudul Sakuntala. Lagu ini juga menjadi penanda Chika memasuki usia 11 tahun saat ini.

Sebagaimana terbaca dari judulnya, Sakuntala mengambil cuplikan kisah legendaris Dewi Sakuntala, khususnya pada bahian perjalanan Dewi Sakuntala saat diasuh oleh Rsi Kanwa. Menurut Chika, sebenarnya lagu ini sudah diberikan oleh penciptanya, Komang Darmayuda, awal 2020 lalu. Namun selain karena saat itu keburu pandemi, proses rekaman ditunda dulu mengingat saat itu karakter vokal Chika masih sangat jelas terdengar “anak-anak”.

“Jadi proses rekaman baru dilanjutkan tahun ini, setelah menimbang  vokal Chika yang mulai beralih ke suara pra remaja, yang lebih pas untuk membawakan lagu Sakuntala,” jelas Made Subrata, ayah kandung Chika yang setia mendampingi proses sang putri dalam berkarier di musik.

Tak hanya pertimbangan matang untuk menyesuaikan lagu dengan vokal Chika, keseluruhan proses terkait dengan rekaman dikerjakan secara terencana. Bahkan Komang Darmayuda sebagai pencipta lagu menunjuk dan meminta bantuan Ida Ayu Tutut sebagai pelatih untuk mengarahkan dan memaksimalkan karakter voal Chika di lagu Sakuntala.

Proses rekaman lagu yang sudah dapat dinikmati di seluruh platform musik digital ini dilakukan di studo Harta Pro di bawah arahan Dek Artha sebagai penata musik. Visualisasi lagu ke dalam video musik yang mengambil lokasi suting di Sidemen, Karangasem, dieksekusi oleh Andy Duarsa, didukung tata rias dan busana oleh Sarikayana.

Pemunculan Chika di kancah musik di Bali berawal dari lagu Seneng Dados Nak Bali yang dirilis saat ia masih berumur 7 tahun. Setahun berikutnya, bocah bernama lengkap Ni Made Michelia Chika Cempaka Putri Subratha ini merilis mini album Di Beten Langit Bali dengan hits “Ketekak Ketekok” yang dinyanyikan duet bersama Angling Kenaka. Di tahun yang sama, Chika bersama dua rekannya, Fiona dan Indhira bergabung ke dalam Trio Imut dan merilis lagu Muruk Seni dan Bantu Ibu. Di luar itu, murid SD Saraswati 3 Denpasar ini juga terlibat dalam rekaman kompilasi lagu pop Bali anak-anak Bali Kumara #7 dengan membawakan lagu Gadung Melati. (231)

Chika Cempaka

About the author