Ary Kencana “Serempet” Tiga Fenomena Viral

Ary Kencana dan Nely Ambarawati

PENYANYI lagu pop Bali, Ary Kencana, kembali membuat kejutan. Rilis lagu terbarunya “Meli Dulang di Penginapan” langsung menarik perhatian publik. Kepada mybalimusic.com, Ary terang-terangan mengaku lagu ini memang dibuat menyentil, “nyerempet” tiga fenomena di Bali yang sempat viral beberapa waktu terakhir.

Dalam sehari saat tayang pertama di kanal Youtube, lagu yang dinyanyikan duet bersama sang istri, Nelly Ambarawati ini sudah disaksikan lebih dari 120 ribu viewers. Hingga hari ke-6 sudah lebih dari 435 ribu orang menonton video lagu ini di kanal Youtube.

“Ya Lumayan kaget juga, dalam sehari 120 ribu viewers. Di Tiktok juga fenomenal, satu akun sampai diunggah ulang 1.500 kali. Lumayan heboh juga di warung, toko, rumah, orang pada membicarakan,” ujar Ary.

Dijelaskan, lagu ini mengangkat tema sosial kemasyarakatan, tidak jauh seperti yang ia angkat dalam lagu “Hobi Kerauhan”. Tentang lagu “Meli Dulang di Penginapan”, menurutnya terinspirasi fenomena di masyarakat banyak orang yang munafik. Ada wanita yang cemburu melihat suaminya bersama cewek lain yang seolah-olah seperti rohaniawan.

“Itu saya lihat di postingan teman-teman langsung. Ada yang suka tampil mengenakan pakaian seperti rohaniawan, ya agar jangan pakaian ini jadi terlalu campah. Hari ini posting foto pakai selendang, besoknya posting foto pakai rok mini, pakai bikini di kolam renang. Saya ngga habis pikir, maunya apa? Sekarang kerohanian, besoknya seksi, nah yang ditonjolkan apanya?” papar penyanyi yang sudah sekira 20 tahun berkiprah di musik pop Bali ini.

Penembang “Bli Kuli Luh” ini juga terang-terangan mengaku ide lagunya terinspirasi video heboh yang pernah muncul berkenaan seperti judul lagu. “Lagu ini tercipta karena permintaan istri yang mendesak dibuatkan lagu, katanya masa Marco Wisesa saja yang dibuatin. Akhirnya saya gabungkan beberapa fenomena, saya pilih kata-kata yang sekiranya mengena, terutama kata-kata yang mudah hits seperti pada lirik bagian penyanyi cewek,” jelas penyanyi yang memutuskan kembali ke bangku kuliah untuk mendalami ilmu hukum ini.

Ary Kencana mengakui kisah di lagu “Meli Dulang di Penginapan” kalau mau dikait-kaitkan, sesungguhnya nyerempet atau menyentil tiga fenomena yang pernah viral seperti kasus “meli dulang”, video selendang pink, dan prolognya. Ketika ditanya apakah tidak khawatir akan digugat atau dituntut, Ary menjawab bagaimana mau dituntut, karena di dalam lagu tidak secara eksplisit menyebutkan sesiapa atau tidak ada menyebut nama seseorang.

Ia pun menyatakan tidak ada tujuan khusus atau niat aneh-aneh, cuma agar orang sadar, jangan sok kedewan-kedewan padahal memitra. Masyarakat juga jangan terlalu terlena melihat sesuatu yang wow padahal di dalamnya bobrok. (231)

About the author