Pentas Kolaborasi, bukan Hilangkan Ciri Khas

Nanoe Biroe, Widi Widiana, dan Yong Sagita

Nanoe Biroe, Widi Widiana, dan Yong Sagita

MENUJU pergelaran “Tiga Bintang Bali Live In Concert”, Minggu (13/11), semua persiapan sudah rampung. Konsep pertunjukan pun sudah makin matang. Sementara ketiga pengisi acara, Yong Sagita, Widi Widiana, dan Nanoe Biroe sudah mantap dengan beberapa kali latihan secara maraton dalam beberapa hari terakhir. “Meskipun konsepnya kolaborasi, bukan berarti ketiga penyanyi yang sudah punya karakter masing-masing akan melebur, atau menghilangkan ciri khas masing-masing,” jelas Nanoe Biroe saat temu wartawan di Akasaka Music Club, Jumat lalu.

Menurutnya, memang dalam pentas nanti akan ada tukar-tukaran lagu, misalnya Nanoe akan menyanyikan lagu Yong Sagita dengan karakternya sendiri, Yong Sagita akan membawakan lagu Widi Widiana dengan gayanya, begitu juga Widi Widiana menyanyikan lagu Nanoe dengan interpretasinya sendiri. Dengan cara seperti itu bukan berarti masing-masing penyanyi akan kehilangan warna, justru malah akan menjadi lebih berwarna. “Pokoknya akan ada sesuatu yang khusus, rencananya seperti apa, hanya kami dan Tuhan yang tahu,” seloroh Nanoe.

Sementara itu Yong Sagita sendiri mengaku sangat antusias dengan konser tiga generasi, sekaligus konser tiga bintang yang menjadi “raja panggung” di masing-masing eranya ini. “Saking semangatnya menyanyi kembali bersama adik-adik saya di lagu pop Bali ini, suara saya sampai nyaris habis. Maklum, sudah lama tidak tarik suara, sekarang baru muncul lagi,” ujar penyanyi berkumis yang nyaris tiga tahunan absen dari panggung pertunjukan musik untuk umum ini.

Di sisi lain Widi Widiana berharap dengan konser tiga bintang ini dapat menyegarkan kembali perkembangangan lagu pop Bali, syukur-syukur mampu memberi dorongan semangat kepada rekan musisi dan penyanyi lain untuk tetap aktif berkarya dan makin kreatif dalam menjaga kelangsungan lagu pop Bali.

Konser Tiga Bintang Bali akan digelar di Akasaka Music Club, Denpasar, Minggu 13 November 2011 mulai pukul 22.00 wita. Turut tampil sebagai pembuka, grup band K’Unkz featuring Yupink “Badudawati”. Tiga bintang sendiri akan memainkan sekitar 20 nomnor lagu dari hits masing-masing, baik yang dinyanyikan sendiri, kolaborasi, atau tukar-tukaran lagu. Menurut Hendra dari pihak Akasaka, mementaskan penyanyi lagu Bali menjadi satu upaya untuk turut memberi tempat bagi musisi lokal guna menunjukkan eksistensi, sekaligus membuktikan kalau mereka bisa tampil sejajar dengan musisi ibukota. (*adn)