Album Kompilasi Musik ala Jamaika

SkankBAGAIKAN timbul dan tenggelam. Begitulah gambaran bagi perjalanan musik asal Jamaika seperti Ska di Indonesia. Namun kondisi tersebut tak sedikit pun mempengaruhi Soundbwoy Dodix yang menggeluti genre musik ini. Pria yang juga manajer dari band Superman Is Dead (SID) ini menjadi konseptor lahirnya album kompilasi bertajuk “Island Skank – Never Forget Your Roots”.

Album tersebut mulai telah dirilis pertengahan Januari 2014 lalu di bawah bendera PUKULRATA Records. Deretan band-band Pulau Bali dengan akar musik atau genre yang berasal dari Jamaika seperti ska, reggae, dan dub, mengisi album kompilasi ini. Band-band yang terlibat di Island Skank adalah The Croto Chip dengan single-nya berjudul “Percuma”, Pride Of Lion dengan lagu “That’s Wrong”, atau Roots Radicals dengan lagu “Struggle Sun”. Selain itu juga ada “Blazin” (Garden Grove), “Bintang Terang” (The Kool Katz), Punk Brotherhood (Ska Teenagers), “Jackknife Blues” (Jackknife Blues), “Dilagu Senja” (The Street Wolf) dan satu hidden track.

“Pembuatan album ini tidak ada proses seleksi karena kami sudah paham kualitas mereka. Yang jelas benang merahnya adalah musiknya berakar dari Jamaika,” ujar Dodix.

Dijelaskan, munculnya gagasan mencetuskan sebuah album kompilasi, dilatarbelakangi kondisi cukup banyak band-band bagus di Bali dengan genre yang digandrunginya namun di satu sisi band-band tersebut tidak terlalu dikenal. “Saya ingin membawa mereka lebih jauh kepermukaan, giving them the opportunity to shine,” ucapnya.

Album “Island Skank – Never Forget Your Roots” menjadi suguhan “pembuka” kepada publik. Sebagai menu utamanya, Pukulrata akan kembali memproduseri beberapa band di album Island Skank untuk proyek album penuh.  Island Skank diambil sebagai judul album, dengan pemikiran kata Island mewakili Bali, sebuah pulau kecil, mirip dengan Jamaika. Skank sendiri berarti tarian atau menari dengan gaya khas yang biasa ditarikan, dengan diiringi musik Ska atau Reggae. “Singkatnya  mungkin Island Skank bisa diartikan sebagai Bali Menari,” cetusnya.

Untuk proses produksi, album Island Skank tergolong memakan waktu cukup lama sekitar enam bulan karena lagu-lagu di album tersebut merupakan rekaman baru semua. Sementara pendistribusian baru tersebar di Bali dan hanya dicetak 1.000 keping. *can