Ketika Remaja Penggemar K-Pop Beraksi

Kpop2

Enam remaja yang tergabung dalam grup Rename It membawakan cover dance K-Pop di salah satu mal di Kuta, Minggu (22/12)

TREND Korean Pop atau biasa disingkat K-Pop, boleh dibilang salah satu trend yang kuat berpengaruh terhadap remaja Indonesia dalam kurun waktu 2-3 tahun belakangan. Bukan hanya sekadar menggemari lagu penyanyi dari Korea dan fasih menirukannya, segala hal yang berbau Korea pun diserap termasuk gaya pakaian dan penampilan.

Bukti betapa kuat dan lekatnya remaja perkotaan terhadap trend K-Pop terlihat saat salah satu mall terbesar di kawasan Kuta menggelar acara K-Pop Christmast Festival, 20-22 Desember 2013. Sebut saja dari ajang lomba make up ala K-Pop, lomba menyanyi K-Pop, hingga cover dance K-Pop yang menarik minat banyak pengunjung remaja, Minggu (22/12) petang. Tak kurang 15 peserta kontes menyanyi, dan tujuh peserta cover dance mencoba unjuk kebolehan. Antusias pengunjung begitu terasa manakala remaja-remaja penggemar K-Pop ini beraksi.

Yang tak kalah menarik, masing-masing peserta membawa serombongan teman-teman sesama penggemar K-Pop sebagai supporter. Salah satu remaja putri berusia 14 tahum peserta kontes menyanyi misalnya, tak hanya fasih membawakan lagu dari negeri ginseng tersebut. Ia juga dengan lugas dapat menjelaskan makna lagu yang dinyanyikannya. Sebagian peserta juga mencoba tampil dengan dandanan ala penyanyi K-Pop.

Nuansa K-Pop makin kuat terasa dari penampilan peserta cover dance, yang selain mendandani diri seperti artis K-Pop, juga menirukan sedemikian rupa tiap gerakan seperti yang ditampilkan artis idola mereka. Tak kalah heboh penonton yang juga hafal persis gerakan-gerakan selanjutnya, pun ikut menyanyi dengan semangat.

Aliran K-Pop memang identik tiga hal, yakni lagu, tarian, dan gaya pakaian. Selain banyak memikat remaja dan anak muda dengan modern dance yang ditampilkan, kebanyakan artis K-Pop juga mudah menjadi idola karena nilai plus dari penampilan penyanyinya yang berparas cantik dan ganteng.

Makin banyaknya remaja terutama kaum hawa yang menggilai aliran K-Pop sejak boyband dan girlband dari Korea banyak yang dipromosikan di Indonesia. Terlebih sebelumnya public di Indonesia sudah akrab dengan drama seri dari Korea yang diputar di stasiun televise tanah air. Kuatnya pengaruh K-Pop makin terasa setelah industri music di Indonesia juga memunculkan sejumlah boyband bergaya K-Pop. Tak pelak, hingga saat ini musik K-Pop menjadi salah satu trend di banyak kota besar di Indonesia, tak terkecuali Bali. *adn

KPop3

Peserta kontes menyanyi dan peserta cover dance K-Pop sedang unjuk kebolehan