“Hari Merdeka” Bergaya Country ala The Kerboys

SUASANA peringatan Proklamasi HUT RI identik dengan lagu-lagu nasional bernuansa kebangsaan. Lalu bagaimana kalau lagu kebangsaan yang berirama mars diubah menjadi kekinian ke dalam musik country? Inilah yang dilakukan The Kerboys, grup musik asal Bali.

Sepakat memaknai peringatan 76 Tahun Proklamasi RI dengan cara berbeda, The Kerboys meng-cover lagu karya H. Mutahar itu ke dalam musik country. Tak hanya rekaman audio, mereka pun secara khusus membuat video klip berlatar belakang suasana kemping lengkap dengan api unggunnya.

“Sebagian besar masyarakat Indonesia berusaha turut mengisi kebahagiaan perayaan kemerdekaan negeri ini dengan melaksanakan berbagai kegiatan, partisipasi dan kebersamaan yang diwujudkan secara virtual melalui medsos, tak terkecuali di dunia hiburan. Kami dari Kerboys mencoba mengikuti saran Presiden Jokowi, untuk merayakan hari kemerdekaan 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI). Ya dimaklumi situasi pandemi Covid-19 membuat partisipasi dan kebersamaan masyarakat dilakukan secara virtual,” ujar Yayak, bassist The Kerboys.

Untuk rekaman lagu “Hari Merdeka”, The Kerboys didukung formasi lengkap Erwin Sjoekoer (gitar, harmonika, vokal), Yayak Wiratanaya (bass, vokal), Ervan Sjoekoer (keyboard, vokal), Turah Oka (drum), Joyok Kecet (banjo, vokal), Bayu (vokal), dan Iwan Andrean (gitar melodi).

Pemunculan The Kerboys bermula dari sebuah acara minum kopi bareng di salah satu warung di Pacung, Desa Baturiti, Tabanan. Sejumlah musisi senior Bali tergabung karena merasa memiliki kesamaan aura, serta frekwensi bermusik yang sejalan, serta sudah malang melintang di panggung-panggung hiburan di Bali. Bahkan Erwin, “sang komandan” dan Yayak sempat bermusik dan ngamen di luar negeri.

“Kami berusaha memberikan hiburan live recording bagi penggemar musik ber-genre bluegrass Country secara virtual melalui media sosial. Hiburan mana kami rekam dari sejumlah penampilan di beberapa tempat. Tujuan kami semata untuk menghibur masyarakat, serta berharap dapat membantu menurunkan tensi kepanikan dalam situasi  pandemi ini,” demikian Erwin. (231)

Video musik “Hari Merdeka” The Kerboys

About the author