Yan Srikandi Gaet Putri Bulan

Yan Srikandi dan Putri Bulan

PENYANYI lagu pop Bali lawas yang masih tetap eksis, Yan Srikandi, menggaet Putri Bulan untuk rekaman terbarunya. Hasilnya, lagu duet “Galang Kangin” yang saat ini sedang menanjak di kanal Youtube, setelah tayang sejak 12 Agustus lalu.

“Awalnya saya ditawari untuk nyanyi duet oleh produser Q,Ano Pro Studio. Mau nggak duet dengan Yan Srikandi. Waktu itu saya belum bertemu secara langsung. Saya awalnya sempat ragu, bisa nggak duet dengannya, Ya maklum saja, bli Yan Srikandi kan lebih senior dan suaranya bagus. Nah, apa saya bisa mengimbangi suaranya seperti itu,” tutur Putri Bulan.

Karena dasarnya memang selalu ingin mencoba tantangan, Putri Bulan akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran itu. “Karena saya mau cari pengalaman, saya iya kan tawaran tersebut, baru kemudian dipertemukan langsung di studio lanjut proses rekaman.  Astungkara lancer, senang bisa kolaborasi atau duet bareng senior,” tambah Putri Bulan.

Dihubungi terpisah, Yan Srikandi yang juga menciptakan lagu mengaku karyanya kali ini masih sama seperti lagu sebelumnya, berdasarkan kisah keseharian saja. “Jadi ceritanya ini lagu tentang ungkapan terima kasih dari suami kepada istri dan sebaliknya, yang sudah selalu setia menemani dalam suka dan duka. Bahagia pun akan tercipta walau dalam kesederhanaan, asal ada kesetiaan dan saling percaya,” jelasnya.

Soal pilihan teman duet yang tertuju kepada Putri Bulan, menurut Yan Srikandi tak ada pertimbangan khusus. “Kebetulan kami teman lama, ya … ngobrol dulu, lalu coba cocokkan vokal, jadi,” jelasnya.

Di jajaran penyanyi lagu pop Bali lama, angkatan awal 2000-an yang masih eksis hingga saat ini, Yan Srikandi termasuk yang paling aktif. Ketika rekaman lagu pop Bali pelan-pelan meninggalkan format fisik dan beralih ke media digital dan media sosial, penyanyi yang dulu melejit dengan lagu “Desir Angin” dan “Sebet” ini masih cukup “kencang”.

Dalam setahun ada saja beberapa lagu baru yang dirilisnya di kanal Youtube, dan tak sedikit yang mencapai jumlah viewer di atas 1 juta. Misalnya saja lagu “KTP Jember” yang ditonton 10 juta lebih viewer, “Tiuk Tiing” yang tembus 3,4 juta viewer lebih dalam waktu kurang dari setahun, hingga yang terakhir “Nyawan Ugugin” yang sudah mencapai 1,2 juta viewer lebih dalam waktu tiga bulan.

Ketika ditanya apa kiat tetap aktif dan masih banyak digemari lintas generasi, penyanyi asal Singaraja kelahiran 1977 ini hanya menjawab singkat. “Pintar-pintar mencari tema lagu, kalau berkata-kata yang sopan, dan tidak sombong,” pungkasnya. (231)

Putri Bulan dan Yan Srikandi dalam video musik “Galang Kangin”

About the author