Adi Barut: Awalnya Penggemar, Akhirnya Rekaman juga

Adi Barut

BERAWAL dari penggemar akhirnya berlanjut menjadi penyanyi. Hal yang jamak terjadi di belantika musik pop Bali ini juga dialami Adi Barut. Sedari kecil ia hanya menjadi penikmat, lalu mengasah kemampuan menyanyi, ujung-ujungnya menjajal dapur rekaman. Hasilnya, satu single berjudul “Saling Memahami” yang dirilis awal pekan ini.

Kepada mybalimusic.com, pemuda asal Angantelu, Karangasem ini mengatakan sejak duduk di bangku SD ia sudah menjadi tertarik dengan lagu pop Bali. Beranjak remaja ia mencoba mengasah kemampuan menyanyi dengan mengikuti ajang lomba, namun jarang lolos.

“Sejak itu saya terdorong untuk langsung mencoba rekaman. Keinginan saya tidak muluk-muluk, ingin turut meramaikan dan melestarikan tembang pop Bali,” ujarnya.

Dukungan kuat dari keluarga dan teman-teman membesarkan semangat pria bernama lengkap I Ketut Sudarmadi ini untuk mewujudkan keinginan punya rekaman sendiri. Lagu “Saling Memahami” yang diciptakan Mahardika menjadi debutnya di kancah rekaman lagu pop Bali.

“Saya suka dengan lagu ini karena kisahnya berdasarkan kenyataan yang banyak terjadi di masyarakat saat ini,” kata penyanyi kelahiran 6 Agustus 1994 ini.

“Saling Memahami” menggambarkan sebuah keluarga yang hidup dalam hidup kesederhanaan. Saat masa pandemic seperti sekarang, di mana banyak warga yang kehilangan pekerjaa, si lekaki malah malah terbawa suasana minum-minum, kumpul-kumpul bersama teman, seakan lupa dengan keadaan keluarganya yang kekurangan. Hal inilah yang membuat sang istri emosi hingga berniat pergi meninggalkan keluarga.

“Seperti judul lagunya, dalam kondisi seperti ini hendaknya jangan egois, tidak peduli, kita harus bisa saling memahami,” demikian Adi Barut. (231)

Adi Barut di lagu “Saling Memahami”

About the author