Pesan Semangat Gus Lendjoe di “Pejalan Karma”

Gus Lendjoe

MESKIPUN tidak sebanyak setahun silam, karya cipta lagu yang terinspriasi dari situasi pandemi masih terus bermunculan. Salah satunya, lagu pop Bali berjudul “Pejalan Karma”, yang dinyanyikan Gus Lendjoe. Terang-terangan ia menyebut lagu ini terinspirasi dari situasi pandemi yang terus berlanjut, salah satu akibatnya banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

“Namun di lagu ini saya tidak mengungkapkan keputusasaan. Justru lewat lagu ini saya mencoba menyelipkan pesan semangat, bagaimana selalu berusaha mencari pekerjaan lain secara mandiri. Apapun itu, sepanjang positif untuk tetap bisa menghidupi keluarga, tak masalah. Tentu jangan lupa juga untuk berdoa agar dimudahkan segala usaha dalam mencari rejeki,” jelasnya.

Gus Lendjoe menuturkan, “Pejalan Karma” ia ciptakan secara spontan. Penggarapan music dan proses rekaman dilakukan di homestudio pribadi miliknya. Berbeda dari rekaman Gus Lendjoe sebelumnya yang dibuat ke dalam format band dan akustik, kali ini mencoba mengemas karyanya ke dalam irama pop Bali. Untuk penggarapan video klip, Lendjoe didukung Dek Alvin dari Pondok Musik Pro.

“Semoga lagu ini bisa diterima dan dinikmati masyarakat penggemar lagu berbahasa Bali di manapun. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa kembali hidup normal seperti sedia kala. Jangan pernah menyerah,” tandasnya.

Pria yang bernama lengkap I Gusti Bagus Kususma Atmaja sudah mulai menggemari musik sejak duduk di bangku kelas IV SD, saat ia sering disapa dengan panggilan “Lendjoe”. Berawal dari main gitar, saat di bangku SMA, umur 16 tahun ia juga mencoba menyanyi. Sejak itulah ia mulai memakai nama Lendjoe 16. Sempat membentuk grup band yang membawakan musik alternatif, namun tak berumur panjang karena kesibukan masing-masing personel. Akhirnya sejak 2013 ia memutuskan untuk bersolo karir. Selain album lagu berbahasa Bali “Agetih Anatah”, ia juga sempat merilis lagu berbahasa Indonesia “Sejenak Saja” di tahun 2020 namun dengan nama berbeda, Damar. Di luar itu, Gus Lendjoe juga menjadi penulis lagu untuk penyanyi lain, di samping sebagai arranger, dan sound engineer. (231)

About the author