Bangkit Lagi, Dramas Luncurkan Mini Album “Kembali”

Dramas

MENJAGA keutuhan grup dan konsisten untuk berkarya bukanlah hal yang mudah. Inilah yang dialami Dramas, band beraliran rock alternatif asal Denpasar. Sejak dibentuk 2012, grup ini sempat merilis empat lagu namun belum berhasil membuat satu album, bahkan hingga vakum sejak 2018. Kini setelah tiga tahun berlalu, akhirnya mereka memutuskan bangkit lagi, dan langsung melepas satu mini album yang diberi judul “Kembali”.

Sebelum merilis “Kembali” secara fisik dalam format keping cakram atau CD, Dramas mengawali dengan dengan rilis video klip single “Kembali” di Youtube, disusul rilis lima lagu di sejumlah platform musik digital akhir bulan lalu. Hingga di pengujung Juni ini, mereka menggelar satu acara peluncuran mini album di salah satu kafe di kawasan Kertalangu, Denpasar.

Menurut sang vokalis, Andika Mayson, penggarapan “Kembali” berlangsung setahun sejak 2018, setelah sang gitaris, Ananda, mengumpulkan personel untuk menggarap satu per satu materi lagu yang dimiliki, mulai dari workshop hingga rekaman. Seiring pengerjaan album, Dramas juga aktif mengisi beberapa acara hingga proses penggarapan musik di studio sempat tertunda. Akhirnya tahun lalu, semua materi mini album selesai di-mixing. Lima lagu yang ditawarkan Dramas, empat berbahasa Indonesia “Aku yang Diriku”, “Tenggelam”, “Kembali”, “Sesal Abadi”, dan satu lagu berbahasa Inggris, “The Way of My Mistake”.

“Mini album Kembali sebagai pembuktian kami untuk siap meramaikan belantika musik Indonesia, khususnya Bali,” ujar Andika.

Dijelaskan, walau memainkan rock alternatif , Dramas yang didukung  Andika Mayson (vokal), Ananda Dwici (gitar), Ryo Finnegan (gitar), Awin Surya (bass), dan Agus Eka (drum) masih betah dengan tema kisah romansa dalam lagu-lagunya. Dari lima lagu dalam mini album yang dirilis, sebagian besar mengangkat tema percintaan. Lagu “Kembali” yang dijagokan sekaligus menjadi judul album terinspirasi dari kisah yang dialami kebanyakan orang, perasaan cinta yang bercampur dendam kepada seseorang yang telah berkhianat. Kekuatan lagu ini terbentuk oleh aransemen rock dengan tempo sedang.

Andika juga menambahkan, yang mendorong Dramas muncul kembali dan berkarya lagi, terutama semangat semua personel untuk memiliki karya sebagai bukti eksistensi. Terlebih lagi target memiliki album rekaman sendiri sudah dibidik sejak awal Dramas terbentuk. Meskipun Dramas sudah pernah merilis empat single, namun lagu tersebut tidak dimasukkan dalam mini album “Kembali”.

Chemistry yang sudah terbentuk antarpersonel jadi dorongan kuat lahirnya mini album Kembali. “Sudah menjadi visi dan misi kami untuk bentuk band yang lebih profesional, berevolusi dari tahun ke tahun,” demikian Ananda, gitaris Dramas. (231)

About the author