“Lagu Lama Tentangmu” BLTZ, Versi Liar LS?

BLTZ

UPAYA grup music BLTZ untuk membawakan ulang beberapa lagu lama milik Leeyonk Sinatra (LS) secara medley dengan aransemen musik berbeda menarik perhatian penggemar musik pop Bali. “Lagu Lama Tentangmu” yang dirilis awal bulan ini mendapat banyak tanggapan.

Menurut Apri, bassist juga vokalis BLTZ, setelah mendengar “Lagu Lama Tentangmu”, sebagian besar penggemar LS memberi sambutan positif karena nuansa yang ditampilkan berbeda dan sedikit sangar. Salah satunya mendapatkan lagu kegemaran mereka yang sangat berkesan dijadikan medley dengan irama berbeda. Tak heran karenanya, ada pula yang berharap BLTZ meminta membuat cover lagu LS yang sudah popular sebelumnya.

Lalu bagaimana kalau gegara ini pula, di kalangan penggemar lagu berbahasa Bali malah muncul kesan, “Lagu Lama Tentangmu” adalah BLTZ rasa LS? Apri hanya tertawa. “Kalau ada kesan, rasa LS, mungkin karena lagu ini sudah populer dibawakan oleh LS sebelumnya. Ya … mungkin lebih tepatnya ini lagunya LS versi liar,” kilah Apri.

“Lagu Lama Tentangmu” menjadi rekaman ke-3 BLTZ setelah “Bangkung Sexy” dan “Data Cinta”. Lagu dengan irama rancak ini merupakan gabungan dari dua lagu hits LS, “LDR” dan “Tentangmu”.

Bolo, vokalis sekaligus gitaris BLTZ yang juga punggawa LS mengatakan sengaja meng-cover kedua lagu tersebut karena cukup populer dan penuh makna. Lagu “LDR” misalnya mengajak siapa saja untuk tidak pernah membenci jarak karena berkat jarak rindu itu tercipta. Sedangkan lagu “Tentangmu” juga mengisyaratkan arti hadirnya seseorang yang selalu mengisi setiap kisah.

Meskipun kental nuansa LS, namun BLTZ mencoba menyiasati dengan menambahkan beberapa baris lirik baru untuk memunculkan sentuhan BLTZ dalam berkarya. “Kenapa kami beri judul Lagu Lama Tentangmu, karena kami yakin dari tiap orang yang pernah mendengarkan lagu ini sebelumnya saat dibawakan LS pastinya mempunyai kisah yang sangat dalam dan mewakili perasaan mereka,” demikian Bolo.

BLTZ berawal dari kejenuhan Bolo selama cukup lama bermain akustik. Di sisi lain ia memiliki sejumlah lagu yang mulai diciptakan sejak 2003 namun tak tersalurkan di LS karena beda jalur. Ia pun ingin menampilkan “sisi liar” dalam berkarya, dan kebetulan seperti nyambung saat bertemu Apri dari The Stroomz. Maka muncullah Bolo and The Stroomz yang disingkat menjadi BLTZ di akhir 2019, dengan personel Bolo (vokal, rapper, gitar melodi), Apri (bass, vokal), Yoga (gitar, vokal), Alit (drummer). (231)

About the author