Foto “Vintage”, Lomba Sekaligus Bernostalgia

Foto karya I Made Aldi Aprianditha, juara I Photo Hunt Competition di Gentleman Garage

UNTUK kali pertama, Gentleman Garage bekerjasama dengan Bali Visual menggelar ajang fotografi. Satu acara bertajuk Photo Hunt Competition & Live Music digelar Minggu (9/5) lalu dari siang hingga petang. Sesuai namanya, selain lomba fotografi, acara juga dipadukan dengan live music menampilkan Ayu Saraswati, Asri Saputri, dan GG Band.

Lomba dengan tema foto kuno atau vintage ini diikuti 33 peserta dari berbagai daerah di Bali, memperebutkan tiga juara dengan hadiah total jutaan rupiah.  Seluruh peserta dibebaskan memilih objek foto di sekitar lokasi acara, dengan sejumlah model yang telah disiapkan dengan pakaian santai dan pakaian adat Bali.

“Dengan tema vintage sesuai lokasi acara, ya sekaligus bernostalgia ke jaman dulu. Untuk lomba ini peserta mengunggah foto yang dilombakan di akun masing-masing, dengan catatan tidak boleh terlalu banyak editing,” ujar Wayan Agus Suadnyana, koordinator acara dari Bali Visual.

Dikatakan, ajang ini untuk memberi ruang kepada rekan-rekan fotografer berkreasi di tengah minimanya even di tengah pandemi. Pesertanya juga masih banyak yang baru atau pemula. Jadi ini kesempatan melatih mental, selain itu dapat berinterakhir, dapat ilmu dari senior. Bisa juga kolaborasi untuk memahami teknik pemotretan yang benar.

Para model yang dilibatkan dalam foto hunt ini juga bukan model profesional, bahkan betul-betul belum pernah ikut sesi pemotretan atau tampil di catwalk. Sebagian besar anak usia sekolah SMA yang memiliki bakat di bidang modeling.

“Lewat acara seperti ini kami coba salurkan kemampuan mereka. Rata-rata peserta lomba atau fotografer yang ikut merasa puas dengan para model yang disiapkan oleh panitia,” demikian Agus.

Di bagian lain Andrean Raditha mewakili pimpinan Gentleman Garage mengatakan lomba foto semacam ini menunjukkan kalau pihaknya tak selalu identic dengan pentas music. Aktivitas di tempat ini bisa saja merambah ke seni fotografi, modeling, seni peran. Apapun yang berhubungan dengan seni, berpeluang untuk ditampilkan di Gentleman Garage.

“Pada prinsipnya, kami mewadahi semua insan seni, insan kreatif, tak terpaku hanya pada musik. Begitu ada ide diajak kolaborasi oleh Bali Visual untuk bikin lomba fotografi, kami sangat natuasia. Kami tak membatasi Gentleman Garage hanya untuk musik,” demikian Adit.

Setelah melalui proses penilaian, keluar sebagai Juara I Made Aldi Aprianditha, Juara II Wayan Sudira, dan Juara III Hendri Suhandi.  (231)

Juara photo competition di Gentleman Garage, dari kanan ke kiri: Aldi, dan Hendri

About the author