Catatan Tentang Band

band ganti

TULISAN ini saya rangkum dari berbagai artikel yang memuat tentang apa itu grup band atau sekarang sering disebut band. Agar teman, sahabat musisi bisa saling berbagi untuk perkembangan musik itu sendiri.

Grup musik atau band merupakan kumpulan yang terdiri atas dua atau lebih musisi yang memainkan alat musik ataupun bernyanyi. Istilah duet, trio, kuartet, kuintet, sextet, septet, oktet, dan nonet digunakan untuk menjabarkan jumlah dalam kelompok yang terdiri dari dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, dan sembilan musisi/penyanyi. Pertunjukan musik dengan komposisi enam atau lebih musisi merupakan hal yang sering pula dilakukan, seperti septet (bertujuh), oktet (berdelapan), atau nonet (bersembilan). Namun demikian umumnya sebuah kelompok yang menggunakan komposisi pemain yang lebih besar sering disebut sebagai sebuah orkestra.

Pada saat ini sering sebutan band sendiri bukan untuk menunjukkan jumlah atau personel, namun lebih meniti pada jenis musik yang dimainkan. Misal band pop, rock, reggae, soul, ska, rock n roll, funky dan lainnya. Pada bentuk penampilan ensembel rock, biasanya disebut sebagai band rock, umumnya terdiri atas beberapa ensembel seperti gitar (satu atau dua gitar elektrik, gitar bass, dan pada beberapa kasus, satu atau beberapa gitar akustik), seorang pemain keyboard, sebuah piano, sebuah piano elektrik, atau syntesizer elektronik, dan seorang drummer.

Ada yang menyebutkan band adalah sebuah kemerdekaan, kebebasan untuk berekspresi. Karena setiap orang mempunyai pandangan tersendiri tentang band yang mereka dirikan dan mempuyai alasan tersendiri mau mereka kemanakan band yang mereka buat. Mau membentuk band yang terdiri dari jumlah personelpun adalah kebebasan. Duo band, trio band, kuartet band, kuintet band dan selanjutnya.

Kadang beberapa alasan sebuah grup band yang sudah terbentuk bisa mengalami perubahan formasi atau personel. Yang awalnya 4 personel bisa menjadi 3 personel, begitu sebaliknya. Hal yang wajar karena perbedaan visi atau karena alasan lain dalam menyatukan langkah membawa kearah mana band yang dibentuk.

Dari pengalaman itu sering sebuah band yang sudah terbentuk mengalami perubahan  formasi dan banyak pula yang mengajak pemain tambahan yang sering disebut additional player. Additional player adalah pemain tambahan dari sebuah band, misalkan grup band dengan  3 personel seperti Blink 182, SID, Paramore, Kotak, Andra and the Backbone dan lainnya, maka  ketika ingin ada instrumen lain contoh piano maka band ini harus memiliki satu  personel pemain piano, atau mau menampilkan harmonisasi gitar maka diperlukan  additional player guitar.

Additional player bukan anggota dari suatu band, dia hanya dipakai ketika live performance. Seperti sepeninggal Posan dari Kotak yang memilih untuk membuat band  sendiri, para personel Kotak sengaja mengosongkan posisi ini. Mereka belum kepikiran  untuk mencari drummer baru. Untuk urusan manggung Kotak memakai bantuan additional drummer. Atau Sheila on 7 menggunakan pemain piano sebagai additional keyboard player.

Seiring waktu yang berjalan, terkadang saya malah bertanya dalam hati ataupun  kepada teman, saudara, sahabat bahkan bertanya kepada diri saya sendiri, kok masih  banyak band atau personel band yang kurang paham apa yang mereka jalani? Bukan  masalah, yang penting kita bisa saling berbagi tanpa harus mencaci maki, mencela  hanya karena ego dan emosi belaka, untuk kemajuan kita bersama dalam bermusik. Semoga semua senang, hepiii, bahagia Dumogi sami bagia. * Rah Tut XXX