Glenn Fredly Dukung Gerakan Bali Tolak Reklamasi

Glenn2

Glenn Predly saat tampil di Hard Rock Cafe, Kuta, Selasa (4/10) malam

PENYANYI Glenn Fredly menyatakan dukungan untuk gerakan Bali Tolak Reklamasi. Dukungan itu disampaikannya secara langsung melalui konser yang didedikasikan untuk gerakan Bali Tolak Reklamasi di Hard Rock Cafe, Kuta, Rabu (2/10) malam. Saat konser, Glenn mengenakan kaos bertuliskan Bali Tolak Reklamasi dan memakai udeng, ikat kepala khas Bali. Ratusan penonton yang sebagian besar kaum hawa terpuaskan dengan sekitar 2 jam penampilannya.

Sebagai musisi, Glenn Fredly memang sangat dikenal sebagai musisi yang memiliki kepedulian dengan masalah sosial, politik, lingkungan dan budaya dan Ia pun cukup intens terlibat didalamnya. Beberapa hari sebelum bertolak ke Bali, pria pemilik nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo berkicau via akun twitternya @GlennFredly yang isinya “tanggal 2 Oktober 2013 saya akan main di Hard Rock Cafe Bali. Saya akan dedikasikan konser nanti untuk mendukung kampanye #BaliTolakReklamasi.

Ditanya alasannya mendukung gerakan Bali Tolak Reklamasi, Gleen menyatakan, secara personal Ia prihatin melihat wajah Bali yang telah banyak berubah sekarang ini. Pembangunan yang kian pesat tidak diimbangi dengan menjaga lingkungan, yang cenderung merusak lingkungan.” Ini menjadi kegelisahan saya. Kemajuan pembangunan bukannya tidak baik, tapi harus diringi dengan keseimbangan, karena penting buat menjaga identitas masyarakat Bali itu sendiri,” ucapnya.

Pria kelahiran Ambon, Maluku 30 September 1975 ini menyatakan permasalahan reklamasi ini harus direspon dan mendapat perhatian serius dari masyarakat, Pemerintah Daerah serta Pusat. ”Saya mencintai kultur Bali dan otomatis menjadi tanggung jawab saya, karena saya sebagai orang Indonesia, saya tidak ingin wajah Bali berubah.”tegasnya.

Glenn berharap gerakan ini jadikan isu bersama, berbicara tentang masalah reklamasi tidak hanya terjadi di Bali tapi di Indonesia. Indonesia yang dikenal memiliki garis pantai terpanjang di dunia sangat penting untuk dilindungi dari kerusakan. “Saya tegaskan saya sangat mendukung gerakan Bali Tolak Reklamasi. Membangun tanpa melihat kearifan lokal itu sangat berbahaya,” ujarnya.

Bagi Glenn, bergulirnya gerakan Bali Tolak Reklamasi ke musisi menjadi sangat strategis karena bahasa musisi adalah musik. Musik menjadi alat, menjadi lokomotiv untuk menyampaikan hal-hal entah itu kemanusiaan atau lingkungan. Musik menjadi perekat, pemersatu untuk menyuarakan keresahan di tengah masyarakat. Menurutnya, gerakan Bali Tolak Reklamasi ini menjadi sangat penting. Sekarang bagaimana menumbuhkan kesadaran masyarakat melihat kenyataan yang terjadi ditengah masyarakat kini.

“Kita sudah dikaruniai kekayaan alam yang begitu melimpah. Kita tahu eksploitasi alam di indonesia ini sangat mengerikan dan kita manusia hidup bersinggungan dengan alam, kita besar dengan alam, kita bukan bangsa yang besar karena kekuatan industri. Alam yang menghidupi dan memberi makan kita. Tidak hanya di Indonesia bahkan alam indonesia menghidupi megara lain. Apa yang akan kita wariskan ke anak cucu kita nantinya jika alam dirusak tanpa memikirkan dampak kedepannya?” Demikian Glenn. *cdr