Bang Jago, Andalan Mang Nanik di Kancah Nasional

Mang Nanik

MANG Nanik, penyanyi lagu pop Bali asal Blahbatuh, Gianyar, punya jagoan baru. Satu lagu baru berjudul “Bang Jago” dirilis Minggu (24/1) ini. Bedanya, kali ini tidak membawakan lagu dengan lirik berbahasa Bali lagi, tapi berbahasa Indonesia. Targetnya jelas, dikenal lebih luas di kancah nasional.

Saat dihubungi mybalimusic.com, Mang Nanik tak memungkiri hal tersebut. “Dibandingkan lagu-lagu saya sebelumnya, jelas bedanya dalam bahasa. Kalau yang duluan, memang lagu pop Bali. Nah, yang sekarang ini menggunakan bahasa Indonesia, jadi semoga lagu ini bisa lebih menasional, bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia,” harapnya.

Soal lagu yang judulnya mirip dengan lagu viral “Ampun Bang Jago” ini, Mang Nanik mengaku ditawari langsung oleh si pencipta lagu, Yan Tawan. Meskipun langsung dipercayakan kepadanya, ia mengaku harus mencoba dulu, karena ini pertama kali merekam lagu berbahasa Indonesia.

“Ya karena kebetulan ini lagu berbahasa Indonesia, jadi dicoba dulu apa sudah pas nggak saya membawakannya. Karena biasanya kan menyanyikan lagu berbahasa Bali,” cerita Mang Nanik.

Untuk proses penggarapan video klip, dikatakan berlangsung singkat karena dikejar target waktu rilis. Ide dan konsep pengambilan gambar sudah langsung diatur oleh videographer Yasa Sega, sedangkan koreografi dipercayakan kepada Adi Siput. Tak urung Mang Nanik mengaku sempat ragu dan agak waswas karena diiringi penari, sementara sama sekali tak ada kesempatan latihan untuk memadukan gerak. “Untungnya semua berjalan lancar,” katanya.

Ini bukan kali pertama Mang Nanik membawakan lagu ciptaan Yan Tawan. Bahkan lima tahun silam, penyanyi bernama lengkap Komang Nanik Gunastri ini angkat nama denga lagu ciptaan Yan Tawan juga, “Jurus Andalan”. Lagu yang dirilis Mei 2016 ini sudah disaksikan hampir 5 juta viewer.

Wanita kelahiran 27 Juli 1985 ini tak memungkiri “Jurus Andalan” merupakan rekaman paling berkesan, karena berkat itu namanya dikenal lebih luas. “Mungkin suara saya memang cocoknya di lagu dengan irama nge-beat ya. Nggak nyangka juga lagu itu bisa booming bahkan masih digemari sampai sekarang,” tukasnya.

Mulai intens menyanyi sejak masih SMP, Mang Nanik menjajal kemampuan manggungnya dengan mengisi berbagai acara. Hingga di tahun 2012 ia berkesempatan untuk turut mendukung album kompilasi. Lima tahun belakangan, ia makin aktif merilis single melalui kanal Youtube. Berawal dari “Paican Sayang”, berlanjut ke “Jurus Andalan”, “Igis-Igis” (bersama dek Nik), “Mecil HP”, “Buaya Sing Magigi” (bersama Rataditha) “Pasangan Sujati”, dan “Tua-Tua Jaman Now” yang juga disebut sebagai “Jurus Andalan 2”. (231)

About the author