Wirama Konsisten dengan Konsep Duo Akustik

Wirama Acoustic

DI antara nama-nama yang meramaikan belantika musik pop Bali belakangan, terselip satu nama baru, Wirama. Membawakan tema cinta sebagaimana lagu pop kebanyakan, mereka konsisten dengan konsep duo akustik. Akhir tahun kemarin, mereka pun merilis dua karya orisinal melalui kanal Youtube, “Pilihan Rerama” dan “Tresna Sing Kewales”.

Duo yang muncul dari Kerambitan, Tabanan ini adalah Windu Rahita (gitar, vokal), dan Juni Ardika (seruling). Masih terbilang gres, karena baru dicetuskan 2019. Berawal dari tongkrongan sehari-hari di desa mereka, Tista, Windu dan Juni yang sama-sama suka musik akhirnya punya ide membentuk grup akustik namun dengan sentuhan nuansa Bali melakui tiupan seruling.

“Awalnya kami belum memiliki nama dan karya sendiri. Jika ada kesempatan tampil kami selalu meng-cover lagu dari band-band lain yang ada di Bali, lalu kami unggah di akun Youtube Juni Ardika. Kami kami juga mengisi sejumlah acara musik di beberapa tempat,” jelas Juni kepada mybalimusic.com.

Hingga awal 2020 Windu dan Juni makin mantap tampil berdua, dan akhirnya meyakinkan diri untuk memunculkan grup/duo dengan nama Wirama. Dalam bahasa Bali, wirama bermakna irama. “Kami mengambil filosofi dari kata wirama, agar nantinya irama lagu yang kami senandungkan bisa memberikan keharmonisan bagi semua yang mendengarkan,” tambah Juni.

Saat awal terbentuk, Wirama sudah menghasilkan satu lagu sendiri sebagai single perdana dengan judul “Pilihan Rerama”. Namun rencana rekaman lagu tentang kisah cinta yang terhalang restu orangtua dari pihak wanita ini tertunda bahkan terkatung-katung cukup lama. Hingga menjelang akhir 2020 mereka memantapkan diri untuk rekaman, bekerjasama dengan Wisnu SWR dari Harmoni Music Bali Production yang menggarap aransemen dan menangani proses rekaman. November 2020, Wirama resmi go public dengan karya sendiri.

“Respon positif dari para pendengar dan membuat kami lebih semangat lagi dalam berkarya,” kata Juni.

Tak perlu menunggu waktu lama, Desember 2020 mereka langsung tancap gas dengan merilis single kedua “Tresna Sing Kewales”. Meskipun kedua lagu yang dirilis masih berupa video lirik, belum ada video klip musik, namun Windu dan Juni tetap optimis dan bersemangat.

“Semoga karya kami dapat diterima seluruh masyarakat Bali, dan ikut mewarnai belantika musik pop Bali. Kami juga berharap bisa segera menggarap video klip untuk single pertama, Pilihan Rerama,” harap Juni. (231)

About the author