Eka Putra : Kepuasan Tersendiri, Tangani 11 Anak

Eka Putra

Drs. I Gede Eka Putra

BAGI Drs. I Gede Eka Putra, ada kepuasan tersendiri ketika menangani anak-anak untuk berlatih vocal, membuatkan mereka lagu, hingga proses rekaman. Saat berhadapan dengan si anak, ia akan memposisikan diri sebagaimana pemikiran anak, lain lagi saat berhadapan dengan orangtua si anak, lain lagi pendekatannya. Prinsip ini pula yang dilakukannya saat harus menangani 11 anak dari berbagai latar belakang berbeda, untuk rekaman dan suting video klip. Hasilnya, album VCD “Alit Bali Mahardika” yang diluncurkan Minggu (29/9) malam.

“Saya ada strategi tersendiri untuk menggarap album anak-anak, mulai dari persiapan hingga peluncurannya. Satu hal yang selalu saya tekankan kepada orangtua anak-anak tersebut, untuk membuat rekaman tidak harus mahal,” jelasnya saat berbincang dengan mybalimusic.com di Denpasar, Senin (30/9).

Belasan tahun berkecimpung di bidang olah vocal dan rekaman, satu hal yang selalu dipegang produser Eka Production ini, tidak mau asal-asalan atau menghasilkan karya ala kadarnya. Baginya, tetap dibutuhkan keseriusan untuk memberikan yang terbaik bukan hanya bagi si anak dan orangtuanya, namun juga kepada public yang akan menjadi pangsa pasar.

Dalam pandangan Eka, kadang kala ada produser atau rumah produksi yang hanya menangani sampai proses rekaman, begitu album sudah rampung dan diluncurkan, lalu lepas tangan. Untuk hal seperti ini, ia sendiri merasa punya tanggung jawab untuk menjaga keberlanjutan mereka. “Misalnya saja untuk Alit Bali Mahardika, apa yang akan dilakukan setelah meluncurkan album? Kami buatkan mereka rencana pentas atau tampil di sejumlah tempat. Dan itu menjadi tanggungjawab saya. Setelah setahun, baru diserahkan ke orangtua masing-masing untuk mengelola, mau diarahkan kemana lagi si anak,” jelasnya.

Di tangan Eka Putra, Sanggar Eka Mahardika yang mulai eksis sejak tahun 90-an menjadi tempat sejumlah penyanyi pop Bali menempa diri. Tak sedikit penyanyi yang kini sudah punya nama, sempat digembleng di sini. Sejak awal 2000-an, sanggar ini juga mengibarkan bendera Eka Production yang menangani rekaman lagu pop Bali. Hingga kini setidaknya sudah 8 album ditangani Eka Production, mulai dari rekaman album “Dagang Kere” (2001) dengan lagu hits “Nyukla Brahmacari” yang dipopulerkan penyanyi Yan Mus, hingga 5 album pop Bali anak-anak. Sebut misalnya “Galungan Suci”, “Solas Bintang”, dan yang paling bersinar, album “Ambu Putih” (Vira Chintya). *231