“Cinta”, Surya Negara Duet dengan Istri (Lagi)

Surya Negara

SURYA Negara, penyanyi asal Banjar Puseh, Pedungan, Denpasar, tampaknya benar-benar bersemangat menjalankan hobi di jalur musik. Walau ia mengaku kiprahnya di rekaman lagu berbahasa Bali hanya hobi, namun tidak main-main juga. Sejak awal 2020 mulai muncul, ia sudah merilis lima lagu. Terbaru, ia memperkenalkan lagu pop Bali berjudul “Cinta” yang diciptakannya sendiri.

Menurut Surya, lagu “Cinta” beranjak dari kisah nyata yang dialaminya sendiri, sekaligus sebagai bentuk ungkapan begitu berharganya cinta di dunia ini.Tanpa ada cinta, hidup tentulah sangat hambar dan tak berwarna.”Cinta membuat kita bahagia, tertawa, makin bergairah menjalani liku hidup ini, bahkan hingga kita terasa melayang layang dibuatnya,” jelas Surya.

Lewat lagu yang dinyanyikan duet bersama Raida Desi, sang istri, Surya juga ingin mengingatkan kalau cinta bukan sebatas tentang dia atau pasangan kita saja. Cinta juga tentang kita dengan orang tua, saudara, anak-anak, keluarga, sahabat, bahkan siapapun yang ada di dunia ini juga berhak atas cinta.

“Namun cinta sejati hanya akan dimiliki oleh mereka yang bisa saling mengerti dan mampu dengan rasa tulus untuk mau saling memahami satu dengan yang lainnya,” katanya.

Walaupun baru muncul di belantika musik pop Bali sejak awal tahun ini, Surya Negara sudah mengenal dan menggeluti musik sejak lama. Bahkan sedari TK, pria kelahiran 24 Juli 1986 ini sudah hobi menyanyi. Hingga saat masih di bangku SMA, ia sudah mulai menulis lagu sendiri. Brersama teman-teman, ia pun kerap mengikuti festival band  serta membuat beberapa jingle. Hanya karena pilihan hidup ingin meniti karier terlebih dahulu, musik hanya menjadi hobi untuk mencurahkan perasaan yang terpendam di kala waktu senggang.

Hingga awal 2020, dengan dukungan istri, keluarga, sahabat, Surya memberanikan diri merekam dan mempublikasikan sendiri ciptaannya. “Sing Main-Main” yang musik dan rekamannya ditangani Dek Artha, menjadi lagu berbahasa Bali pertama yang ia rilis Februari lalu melalui media sosial, radio-radio, juga aplikasi layanan musik digital seperti Spotify, Deezer, Itunes, Apple Music.Mendapat respons positif, sebulan berikutnya ia berduet bersama sang istri, Raida Desi, untuk lagu berjudul “Mogi Langgeng” yang musiknya ditangani Sila, disusul “Mogi Rahayu” dua bulan berikutnya. Juli lalu, Surya juga sempat mencoba merekam lagu berbahasa Indonesia berjudul “Untuk Selamanya”.

“Terus terang karya-karya yang saya tulis masih sangat jauh dari kata bagus apalagi sempurna. Masih banyak sekali kekurangan dan banyak yang perlu saya pelajari dan dilatih baik dalam menyanyi maupun bermusik,” ujar Surya merendah. (231)

Surya bersama Raida Desi di video musik “Cinta”

About the author