Bayu Nirwana “Ngabut Keladi” Lagi

Bayu Nirwana dan Ari Shinta

KEINGINAN penyanyi Bayu Nirwana untuk membawakan ulang lagu lawas dari penyanyi idolanya, Ketut Bimbo, akhirnya kesampaian. Salah satu hits di awal 90-an, “Ngabut Keladi” ia rekam ulang dengan aransemen musik baru. Sebagai pasanga duet, Bayu mengajak Ari Shinta. Selain lagunya yang muladi diputar di radio-radio, video klip lagu ini juga sudah mulai diunggah di kanal Youtube sejak awal pekan ini.

Kepada mybalimusic.com, Bayu mengaku sudah menyukai lagu “Ngabut Keladi” sejak remaja. Ia pun kerap menyanyikan lagu ini di berbagai kesempatan manggung dengan iringan live band.

Ngabut Keladi adalah salah satu dari deretan lagu Bali lawas yang mempunyai roh taksu luar biasa. Itulah alasan kenapa saya membawakan ulang lagu ini, tentunya dengan ijin dan restu dari bli Tut Bimbo sebagai pencipta, agar kembali ciptaan beliau dikemas dengan nuansa yang berbeda,” katanya.

Harapannya sederhana saja, remake lagu ini bisa turut mewarnai belantika musik Bali dan mengingatkan kembali nuansa Bali asli. Mengingat lagu “Ngabut Keladi” sudah begitu populer di kalangan penggemar lagu pop Bali, tak heran ada semacam beban tersendiri bagi Bayu Nirwana agar bisa keluar dari kesan, nuansa asli yang sudah telanjur melekat di benak masyarakat. Dengan dukungan dan dorongan semangat dari Ketut Bimbo, Bayu pun berdiskusi panjang dengan penata rekaman Ngurah Adi dari Q’ano Pro Music Studio untuk penggarapannya.

Kendala lain, mencari vokalis cewek yang bisa sesuai dan cocok dengan karakter vokal Bayu Nirwana juga agak susah. Hingga pilihan jatuh pada Ari Shinta yang kemudian menyanggupi. Kelar urusan musik, datang masukan dari musisi Yan Mus, agar video klip juga tidak terkesan sama nuansanya dengan lagu asli. Atas konsep ide Ari Shinta, dibuatlah video klip di daerah wisata Ceking, Bangli, di bawah arahan videografer Yasa Sega.

Di bagian lain Bayu berharap dukungan dari penggemar lagu pop Bali untuk memberi dukungan dengan berlangganan kanal Youtube Bayu Nirwana. “Semoga lancar dan banyak yang nonton, nanti hasil yang didapat dari penayangan video klip lagu ini di Youtube akan didonasikan kepada pencipta lagunya, Tut Bimbo, sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan terhadap hasil karya seniman Bali,” demikian Bayu Nirwana.

Penyanyi kelahiran Singaraja yang dibesarkan di Desa Pujungan, Pupuan ini ini mulai merintis kiprah di belantika musik dengan membentuk grup band indie di awal tahun 2000. Sempat merilis album berjudul Gengsi. namun tidak berlanjut dengan baik karena kondisi pada waktu itu. Selepas dari band, Bayu mencoba bersolo karir dengan menyanyi di berbagai acara. Hingga tahun 2012 bertemu Shanti Devy dan mencoba untuk rekaman lagi hingga muncul duet Legu Gembrong yang lumayan sukses. Selain itu ia juga dikenal penggemar lagu pop Bali lewat lagu Mesaput Pipis, Ibu Bidan, Cara Cicing Berung, duet Pengecasan bersama Ayu Widyastuti, dan “Alu Kapok”.  (231)

Video klip lagu “Ngabut Keladi” versi Bayu Nirwana dan Ari Shinta

About the author