Sekali Lagi, Debut Solo Renggadwitya

CUKUP lama musisi yang satu ini  tak terlihat kiprahnya di belantika musik Bali. Sejak vakum dari aktivitas ngeband bersama The Secret, praktis Renggadwitya lebih sibuk dengan pekerjaan. Hingga ketika situasi pandemi membuatnya kehilangan kesibukan rutin sehari-hari, ia iseng membuat lagu dan inginnya rekaman untuk konsumsi sendiri.

Jadilah lagu pop berjudul “Sekali Lagi”. Siapa sangka, pertemuannya dengan teman musisi seperti Rezha Suardana tak hanya mendorongnya untuk serius rekaman, sekaligus mempublikasikannya secar luas. Video lirik “Sekali Lagi” pun mulai muncul  di kanal Youtube sejak dua pekan lalu.

“Saat proses penggarapan musik pun sebenarnya lagu ini belum selesai. Jadi lirik lagunya baru dibuat setelah musiknya saya selesaikan dulu,” cerita Rengga kepada mybalimusic.com.

“Sekali Lagi” yang digarap ringan, easy listening, menceritakan seseorang pria yang kehilangan sesuatu yang menjadi bagian penting dalam hidupnya. Namun demikian menurut Rengga bisa saja sudut pandang masing-masing pendengar jadi berbeda dalam menerjemahkan makna lagu ini. “Ya… karena apa yang dirasakan setiap orang ketika mendengar sebuah lagu tidak bisa selalu sama,” katanya.

Sejatinya, ada banyak materi lagu karya Rengga sudah siap untuk diproduksi. Namun karena keterbatasan waktu dan pertimbangan lain, untuk debut solonya, “Sekali Lagi” adalah lagu pertama dan satu-satunya yang sudah kelar direkam. Rengga pun memastikan setelah ini akan ada beberapa lagu lagi yang digarap.

Penyanyi bernama lengkap ini Ida Bagus Renggadwitya Karismawan ini  sudah mengenal musik sejak kecil. Bahkan di usia 12 tahun ia sudah mulai mengenal alat musik dari teman SD yang dirumahnya punya studio musik. Sedini itu, ia sudah akrab dengan musiknya Guns N’ Roses dan Nirvana. Tak heran, saat masih di kelas II SMP, pria kelahiran Denpasa, 1988 ini tak hanya benar-benar tertarik dengan musik, namun juga sudah mulai menulis lagu sendiri.

Sebagaimana remaja di jamannya, penggemar John Lennon dan Kurt Cobain ini pun kerap ikut festival musik di beberapa acara. Hingga di masa kuliah mulai mengarah ke band indie dan membentuk band The Secret sekitar 2008. Namun setelah merilis tiga lagu sendiri, Rengga memutuskan stop bermusik. Hingga di pertengahan tahun 2020 ini, ia mendapatkan momentum yang pas untuk bisa bermusik lagi. (231)

About the author