Jun Bintang Tiga Kali “Bani Mati”

“Bani Mati”, Jun kolaborasi lagi dengan Lebry Partami

MUSISI pengusung lagu pop Bali, Jun ‘Bintang’, menandai peringatan hari lahirnya dengan merilis rekaman baru. Satu lagu sekaligus video klip diluncurkannya saat berbarengan dengan pesta ulang tahunnya di Kebon Vintage Cars, Denpasar, Minggu (28/6).

Di rekaman barunya ini, Jun kembali duet dengan Lebry Partami. Menariknya, Jun tidak membawakan lagu baru, melainkan merekam ulang lagu lamanya bersama Bintang, “Bani Mati”. Ini ketiga kalinya ia merekam “Bani Mati”, pertama kali muncul di debut album Bintang yang berjudul “Bajingan Eling” (2004) dengan warna reggae, lalu diaransemen ulang dan dibawakan duet bersama Anggi dengan nuansa akustik dan tempo lebih pelan di tahun 2011, dank ke-3 kalinya duet bersama Lebry Partami.

Kenapa harus menyanyikan ulang lagu yang sama sampai tiga kali, Jun mengakui kalau “Bani Mati” termasuk hits populer yang masih tetap diingat dan digemari sampai sekarang, pun mudah dinyanyikan bersama-sama penonton saat manggung.

“Ya sebenarnya karena permintaan penggemarnya. Saya juga tidak begitu paham mengapa mereka minta lagu ini (Bani Mati) dinyanyikan lagi bersama Lebri. Yang jelas saya merasa lebih fresh di versi yang terbaru ini,” demikian Jun dalam perbincangannya dengan mybalimusic.com.

Penyanyi bernama asli Made Juniarta ini mulai nge-band sejak akhir 90-an dan mengisi berbagai panggung pementasan di Bali. Hingga kemudian di tahun 2004 bersama sejumlah rekannya Jun merambah dapur rekaman lagu berbahasa Bali dengan membentuk grup band Bintang.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Jun lebih sering bersolo karier. Berbeda dengan Bintang yang musiknya lebih enerjik dan nyakcak, untuk rekaman solo, Jun lebih memilih musik bertempo pelan, ceria, dengam lewat lagu-lagu romantis, beberapa kali menggaet teman duet yang sangat beragam. Mulai dari Dek Ulik, Sary “Nymphea”, Tika Pagraky, Lebry Partami, juga Dewi Pradewi.

Deretan rekaman solo dan duetnya yang dirilis belakangan mulai dari “Satya”, “Sayang”, “Sakit”, “Kairis”, “Jodoh”, dan “Sepi”, “1/2 Mati”, “Kasmaran”, “Posesif”, “Merpati Ingkar Janji”, “I Luv Yu” dan yang terakhir aransemen baru “Bani Mati”. (231)

About the author