“Nada Karsa”, Pemanasan Antibodi Sebelum Rilis Album Penuh

Antibodi

SETELAH merilis mini album setahun silam, diam-diam grup band indie, Antibodi tengah bersiap untuk menggarap album penuh. Bahkan mereka sudah berencana album yang digadang-gadang akan kelar awal tahun depan itu memuat 11 lagu baru. Sebelum itu, sebagai pemanasan mereka merilis satu single berjudul “Nada Karsa”.

Kepada mybalimusic.com, Joe, sang vokalis juga gitaris mengatakan, lagu ini sesungguhnya ditulis dan sudah ada 2018, pada fase Antibodi vakum beberapa saat.

Lagu ini bercerita tentang pengalaman Joe dan kawan-kawan yang pernah diremehkan dan juga dipandang sebelah mata. Namun mereka memilih untuk bersatu untuk terus berjuang dan memberikan pembuktian tentang siapa mereka sebenarnya.

“Judul Nada Karsa dipilih berdasarkan makna dua kata tersebut, nada sebagai bagian paling sederhana dari sebuah lagu atau alunan musik, dan karsa yang bermakna tekad. Jadi lewat lagu sederhana ini kami ingin menyuarakan aspirasi kami,” demikian Joe.

“Nada Karsa” merupakan pembuka dari rangkaian single yang akan dirilis secara bertahap tiap bulan, menuju perilisan album penuh 2021 nanti.

Setelah kembali ke kancah skena lokal Bali di tahun 2019, Antibodi telah merilis EP (mini album) yang telah tertunda sejak mulai vakum di tahun 2016. Menurut Joe, saat vakum dulu, ia menulis banyak lagu baru. Dari sekian lagu tersebut, dipilih 11 lagu baru dan sebuah intro yang akhirnya ditulis secara spontan bersama Ciko (bass, vokal) dan Fore (drum).

Antibodi dibentuk 11 Juni 2014 di Denpasar dan langsung memutuskan untuk memainkan lagu-lagu sendiri. Menariknya, grup ini sempat vakum selama 3 tahun sebelum muncul lagi 2019 dengan merilis mini album “Songs For The Disorder”. (231)

About the author