Ketika Ipang Mulai “Nyujuh Tresna”

Ipang

BUAH jatuh tak jauh dari pohonnya, begitulah Ni Putu Mas Uvaliana Devi atau biasa dipanggil Ipang. Akhirnya putri suling musisi Komang Arjawa dan penyanyi Ayu Stiati (alm.) ini mulai merilis rekaman juga. Satu mini album berjudul “Nyujuh Tresna” yang menunjukkan kemampuan dara 25 taun ini dalam berolah vokal sudah diperkenalkan ke publik.

Ada lima lagu dalam album berformat DVD ini, Surya Namaskar, Selamat Rahayu, Vasudhaiva, Jiwa Mulia, dan Nyujuh Tresna yang dijadikan judul album. Lagu Nyujuh Tresna menceritakan ketulusan dan keikhlasan seorang gadis yang sabar menantikan kembalinya sang kekasih yang bekerja di luar negeri. Ketika keadaan makin sulit, si pria harus kembali ke Bali, ia pun bertekad untuk membuat usaha dan bekerja di kampung saja, sekaligus membuktikan semangat bekerja demi cintanya.

Keseluruhan lagu digarap musiknya oleh Temmy dan Komang Arjawa sendiri di studio Leucopsar. “Mungkin kalau tidak ada pademi Covid-19, mini album ini belum muncul, karena saya sibuk di bekerja di pariwisata. Mulai Februari lalu banyak waktu luang, pelan-pelan saya mulai garap,” jelas Komang Arjawa.

Akan kemampuan dan potensi sang putri dalam menyanyi, Komang Arjawa mengaku kadang pas malam atau lagi sepi sambil membuat aransemen musik, mendengarkan keseluruhan hasil rekamn, ia sering merinding.

“Ipang termasuk generasi sekarang dengan perkembangan dan pergaulannya lebih datar menerima. Kalau ditawarin menyanyi selalu menolak, katanya aduh… nyanyi apalagi nih?. Tapi kalau dia mau, dia lakukan dengan serius,” komentarnya.

Ketika ditanya apakah membuatkan rekaman dan menggarap musik, juga melihat sang putri menyanyi, mengingatkannya akan almarhum Ayu Stiati, Komang Arjawa hanya tersenyum. “Kalau bayangan akan almarhum tiap saat saya yang rasakan, lama-lama itu malah seperti memacu inspirasi,” tandasnya. (231)

Ipang

About the author