“Bli Kuli Luh”, Iklan Terselubung Ary Kencana?

Ary Kencana di video klip “Bli Kuli, Luh”

LAGI, Ary Kencana menjadi perhatian di kalangan musisi dan penggemar lagu pop Bali. Bagaimana tidak, lagu terbarunya “Bli Kuli Luh” mendapat sambutan yang sangat bagus. Dalam waktu singkat sejak dirilis 9 Februari lalu, video klip lagu ini tembus 1 juta viewer di Youtube. Bahkan hingga Selasa (10/3) sudah mendekati angka 1,9 juta viewer. Ada yang menarik, ternyata lagu ini awalnya dibuat untuk lagu iklan atau promosi.

Kepada mybalimusic.com Ary menuturkan, awalnya lagu ini berjudul “Kuli Dekorasi”. Hal ini tak lepas dari kesehariannya melakoni bisnis jasa penyewaan perlengkapan acara dan dekorasi. “Saya ciptakan awalnya semacam iklan terselubung, biar orang tahu usaha saya. Kemudian beberapa teman menyarankan, agar lebih familiar dan bisa dirasakan banyak orang, ganti judulnya jadi Bli Kuli, Luh. Astungkara ternyata lagu ini bisa terangkat,” jelasnya.

Ketika dalam waktu singkat lagu ini populer di mana-mana, kalimat “Bli Kuli Luh” jadi jargon di mana-mana, tentu saja Ary mengaku senang. Walau ia mengaku berkarya tak ada tujuan agar menjadi yang teratas atau mendapatkan gelar terbaik. Sekali lagi ia menyampaikan, “Bli Kuli Luh” tercipta inginnya menjadi lagu iklan.

Di sela-sela kesibukan mengelola usaha, penyanyi yang beberapa kali juga duet bersama sang istri, Nely Ambarwati ini mengaku sudah punya stok lagu untuk rekaman berikutnya. Mengenai tema, Ary mengatakan mungkin sangat banyak orang yang merasakan itu. Namun apa tema diamksud, masih ia rahasikan.

“Rilisnya tunggu momen yang tepat. Saya ingin tetap hati-hari dalam berkarya, jangan asal atau sekadar saja bikin lagu,” tandasnya.

Ary Kencana melejit di belantika musik pop Bali sejak awal 2000-an. Di bawah bendera Januadi Record, ia menghasilkan sejumlah album seperti “Kutang Rerama”, “Tobat”. Sejumlah lagunya menjadi hits dan tetap digemari hingga saat ini seperti “Ragu”, “Metilesang Raga”, “Mutbutin Jenggot”, “Bikul Pisuh”, “Kutang Rerama”, juga “Punyan Biu” duet bersama Dek Ulik. Beberapa tahun terakhir, Ary merilis sendiri sejumlah single dan menjadi hits seperti “Janji Suci”, “Seribu Bidadari”, dan “Putih Bagus”. (231)

About the author