“Saling Satya”, Ratna Menyels Kolaborasi dengan RolBand

Ratna Menyels

MESKIPUN tetap semangat untuk merilis rekaman baru, biduanita Ratna Menyels tampaknya tetap hati-hati dan perhitungan untuk aktivitasnya ini. Ini ditunjukkan Ratna yang baru saja merilis lagu baru “Saling Satya”, kolaborasi dengan Rolband. Jika kebanyakan penyanyi atau grup langsung menuntaskan rekaman sekaligus pembuatan video klip jadi satu paket, Ratna memilih untuk selangkah demi selangkah saja.

“Untuk video klip kami masih diskusi apakah akan digarap untuk pembuatan video klip atau hanya sekedar video lirik saja. Tapi kami juga menunggu respon dari penikmat musik pop Bali, apakah mereka cukup puas atau tidak dengan lagu ini. Jika responnya baik maka kami akan garap video klipnya,” jelas Ratna kepada mybalimusic.com di Denpasar, Minggu (16/2).

Jika untuk single ke-3 ini Ratna memutuskan untuk nge-band, menggarap karya bersama personel Rolband, menurutnya semata karena ingin keluar dari zona nyaman. Sebelumnya ia sudah merekam dua lagu sendiri, saatnya untuk main bersama band lagi. “Karena memang dari awal, 9 tahun yang lalu  saya bermusik mulai dari grup band. Hanya beberapa tahun terakhir saya memutuskan untuk menyanyi solo,” jelasnya.

Kebetulan, Ratna merasa cocok dengan lagu yang diciptakan Adi Gora,  vokalis Rolband. Ide lagunya juga dari ide Ratna, yang ingin menceritakan tentang percintaannya. Sebelumnya, Ratna sempat menjalani hubungan jarak jauh atau LDR, long distance relationship dengan sang pacar. Karena tema ini sangat jamak terjadi, bagi Ratna selalu menarik untuk diangkat menjadi tema lagu.

Penyanyi bernama lengkap Ni Wayan Ratna Dewi ini mulai belajar menyanyi dan bermain musik secara otodidak sejak 9 tahun terakhir, terutama saat mulai masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ia memberanikan diri mengikuti lomba menyanyi antarkelas dalam rangka HUT Proklamasi RI. Hingga dara kelahiran 1996 ini mendapat kesempatan mengisi acara tiap ulang tahun sekolah. Hal ini berlanjut saat dia menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Bali. Kiprahnya melebar kemudian dengan mengisi acara STT atau pernikahan.

Jika kemudian ia memberanikan diri mencoba untuk rekaman dan memperdengarkan ke publik, harapannya sederhana saja, karyanya bisa diterima oleh masyarakat penggemar lagu berbahasa Bali. Sebelum “Saling Satya”, Ratna sudah merilis lagu “Rindu” (maret 2019) dan “Keliwat Sakit” (Desember 2019). (231)

RolBand

About the author