Karya Kolaborasi untuk Galungan dan Kuningan

Collab Project, dari kiri ke kanan : Wahyu, Sintya, Ipunk, Santi, Gus Bajra, Alit Chachink

MOMENTUM hari raya Galungan dan Kuningan tampaknya makin banyak dimanfaatkan oleh penyanyi maupun musisi Bali untuk membuat satu karya. Entah sudah berapa banyak karya lagu pop Bali yang tercipta dengan latar belakang maupun cerita Galungan dan Kuningan. Yang terbaru, salah satunya lagu berjudul “Galungan dan Kuningan” dari Collab Project.

Nama Collab Project muncul karena memang lagu tersebut merupakan hasil kolaborasi sejumlah musisi dan penyanyi Bali. Mereka adalah Wahyu “Shine Akustik”, Sintya “Kavami Band”, Ipunk Jeconiah “The Roll”, Santi “I Project Bali”, Gus Bajra “Krontjong Jancuk” dan Alit Chachink “DMBP”.

“Kami tidak mau terlalu wah atau muluk-muluk. Lagu maupun video klipnya kami kemas secara sederhana saja. Lagu ini spesial kami dedikasikan untuk seluruh umat Hindu khususnya di Bali,” jelas Ipunk Jeconiah, penulis lagu ini.

Awalnya, Ipunk dibantu oleh Sutris, gitaris grup band The Roll asal Jembrana ingin membuat lagu dengan tema beda dari yang pernah mereka kerjakan. Alih-alih jalan sendiri, malah muncul ide untuk mengajak sahabat lainnya untuk berkolaborasi.  Hampir tiap pekan mereka melakukan pertemuan untuk menggarap lagu, karena untuk menghasilkan kolaborasi yang baik tentunya membutuhkan proses latihan yang matang,

Proses rekaman dilakukan di salah satu studio di Denpasar, dilanjutkan dengan pembuatan bvideo klip yang ditangani videographer Natha dari NavaPro. Sebagai perkenalan, video klip lagu “Galungan dan Kuningan” diputar perdana dalam satu acara di salah satu kafe di kawasan Seminyak, Kuta, Jumat (14/2). “Teriring perasaan bahagia akhirnya project kolaborasi ini bisa kami wujudkan dengan baik. Semoga bisa diterima dengan baik pula oleh masyarakat khususnya penggemar lagu pop Bali,” harap Ipunk. (231)

About the author