Alien Child Hadiahkan “Indah di Mataku” untuk Penggemar

Alien Child, duo Aya dan Lala

MENGAWALI tahun baru, duo Alien Child gas poll dengan merilis lagu baru berjudul “Indah di Mataku”. Lagu berbahasa Indonesia lagi? Ya, ini kali kedua bagi Aya dan Laras menyanyikan lagu berbahasa Indonesia ciptaan sendiri, setelah “Jangan Salah” akhir tahun kemarin.

Sebelumnya, Alien Child memang lebih banyak dikenal dengan karya ciptanya yang menggunakan bahasa Inggris. Hingga pertengahan tahun lalu, mereka mencoba membawakan lagu berbahasa Indonesia “Imajinasi Senja” yang dialihkreasi dari puisi karya Putu Fajar Arcana.

Bagi Aya dan Laras, menyanyikan lagu berbahasa Indonesia bukan hanya iseng sebagai variasi karya. Lebih dari itu karena mereka memang tak ingin berhenti mengeksplorasi potensi dalam berkarya.

“Alien Child sebagai duo dari Indonesia merasa punya ‘utang’ sama para aliens dan punya ide untuk membuat lagu dalam bahasa Indonesia. Di samping itu kami dapat masukan dari beberapa tokoh musik juga teman-teman musisi. Lagu ini kami buat sebagai hadiah kepada aliens di Indonesia,” komentar Aya untuk mybalimusic.com.

Di sisi lain Lala mengaku karena selama ini lebih nyaman bikin lagu bahasa Inggris, sempat ada sedikit kekhawatiran dalam menggarap lagu berbahasa Indonesia, terutama di bagian lirik dan pengucapan. “Selebihnya ya sangat bahagia, dan penasaran saya jadi hilang karena sudah bisa merampungkan lagu ini,” ujarnya.

“Sejujurnya kami ada rasa khawatir juga karena genre lagu Indah di Mataku jauh berbeda dari lagu-lagu kami terdahulu. Jadi kami harus banyak belajar caranya bikin aransemen yang orkestral,” tambah Aya.

Walau sudah terbiasa menciptakan lagu, menggarap aransemen, bahkan merekam sendiri, baik Aya maupun Lala mengaku tetap saja ada tantangan tersendiri, kesulitan yang harus mereka lalui. Menariknya, bagi mereka kesulitan dalam berkarya adalah hal wajar yang harus dihadapi.

“Setiap lagu harus ada kesulitan, kalo ga ada kesulitan jadi boring kan ya ? Untuk lagu ini bagi saya kesulitannya di bahasa, kKarena memang lebih nyaman bikin lirik dalam first language saya yaitu bahasa Inggris. Tapi setelah beberapa revisi semuanya lancar,” jelas Lala dan dibenarkan Aya.

Bagaimana dengan tanggung jawab Aya yang selalu punya bagian utama dalam menangani komposisi musik? “Lagu ini terkesannya simple tapi it was a bit of a challenge for me untuk membuat aransemennya yang asyik,” katanya.

Sebelum menjelma menjadi Alien Child, Aya dan Laras sudah memulai kreativitasnya dalam menggarap lagu sejak 2015. Awalnya mereka muncul dengan  nama Aya & Laras BTMDG. Cukup banyak lagu-lagu orisinal yang mereka garap sendiri dan dipublikasikan melalui channel Youtube. Pertengahan 2018, mereka bertransformasi menjadi Alien Child. Didahului dengan rilis single berjudul “Your Love”, tiga bulan berikutnya Alien Child melepas album pertama “Takeoff”. Lewat album ini mereka diganjar dengan penghargaan Anugerah Musik Bali 2019 untuk kategori “Pendatang Baru Terbaik”, “Penata Musik Terbaik” dan unggulan di kategori album terbaik, lagu terbaik, dan “Your Love” sebagai lagu terfavorit. (231)

About the author