Pengalaman Pribadi, Mr. Jhons Garap “Terserah”

Mr. Jhons

BAGI kebanyakan pasangan, ketika salah satu mulai tak setia dan “selingkuh”, maka berpisah adalah jalan terbaik. Walau itu menyakitkan, namun mengetahui satu kebohongan lebih awal kiranya lebih baik daripada berlarut-larut dan timbul masalah lebih besar kemudian. Kesan itu kuat muncul dalam video klip ke-2 Mr. Jhons yang berjudul “Terserah”.

Menurut Adi Santha Pande alias Mr. Jhons, lagu yang sudah mulai diperkenalkan sejak pekan lalu, terinspirasi dari kisah nyata, pengalaman pribadi. “Terluka itu pasti, tapi emosi bukanlah solusi. Meskipun toh akhirnya saya yang dipilih, saya memilih untuk melepas saja. Dari pengalaman inilah, setahun kemudian lagu Terserah tercipta,” jelasnya.

Lagu Terserah cukup lama hanya menjadi coretan di buku catatan saja. Hingga 2017 lalu, Adi bertemu dengan Leo Fidel, seorang penata rekaman asal Tuwed, Jembrana. Tertarik akan konsep dasar lagu yang ditunjukkan Adi, ia pun menyarankan agar konsep tersebut diwujudkan saja.

Proses penggarapan lagu dan rekaman kelar dalam waktu dua hari, namun masih belum proses mastering. Karena masalah teknis, proses penggarapan dilanjutkan ke studio lain, hingga lagu yang dikemas dalam warna pop alternatif ini rampung dan siap diperdengarkan secara luas. Hanya karena kesulitan mencari model, pembuatan video klip sempat tertunda beberapa bulan. Proses penggarapan video klip yang sudah dilakukan Oktober 2019, baru bisa dituntaskan pertengahan bulan ini.

Mr. Jhons adalah solo project Adi yang digagas 2017. Meskipun ini adalah project pribadi, namun banyak yang mengira sebagai satu grup band. Sejak memutuskan mulai berkarya, Mr, Jhons sudah menghasilkan sejumlah lagu berbahasa Bali seperti Dingehan, Terserah, Tuah Adi, Menyame, Kaden Saje, Pasrah, Jomblo, dan Takdir. Dari lagu-lagu tersebut, dua sudah dibuatkan video klip, Kaden Saje dan Terserah. (231)

About the author