Soul & Kith Tutup Tahun dengan “Kacamuka”

Soul & Kith : Ardy dan Aik

DUO Aik (vokal) dan Ardy (gitar) yang dikenal dengan nama Soul & Kith menepati janji mereka untuk terus berkarya, tak hanya coba-coba. Menutup 2019,  mereka merilis satu extended play (EP) atau mini album yang diberi judul “Kacamuka”.

Satu pentas kecil sebagai “seremonial” mereka gelar di salah satu kafe di kawasan Panjer, Denpasar, Minggu (15/12), sekaligus pemutaran perdana video klip lagu “Hujan”. Menariknya, rilis video klip ini bertepatan dengan suasana ketika kota Denpasar diguyur hujan sejak sore hingga petang.

Kepada awak media, Ardy mengatakan “Kacamuka” dirilis dalam bentuk fisik dan edar mulai 15 Desember lalu, sedangkan rilis secara digital pada Januari 2020 mendatang. Ada enam lagu yang terangkum di rekaman ini, Find A Home, Basuh, Sorrow, Hujan, The Rest of Us dan Time. Lagu “Hujan” dipilih sebagai single pertama yang sudah diperkenalkan ke publik sejak bulan lalu.

“Secara keseluruhan, tema yang diangkat di album ini adalah self reflection, cerminan diri. Dari tema itulah kata kacamuka muncul dan menjadi judul mini album pertama Soul & Kith,” ujar Ardy

Dijelaskan, proses produksi “Kacamuka” selama setahun melibatkan Dadang SH Pranoto sebagai produser di bawah bendera Pohon Tua Creatorium dan Cipta Gunawan M. dari Stonedeaf Music. Untuk cetak album fisik dan distribusi ditangani label dari Jakarta, Demajors.

Pemunculan Ardy dan Aik yang memainkan musik bernuansa folk, menjadi alternatif lain untuk mengisi panggung musik. Dengan karakter suara Aik yang kuat dan permainan gitar ambient sederhana yang dimainkan, mencoba memberikan rasa baru pada dunia musik indie di Indonesia. Duo ini tak menyangka  feedback positif penggemar musik ketika mereka melepas single pertama Dream Away akhir 2018 silam.

“Ada kebanggaan tersendiri karya kami dapat diterima dengan baik di tengah penikmat musik di Bali. Feedback dan pesan positif juga mulai berdatangan dari musisi-musisi yang akhirnya kami jadikan semangat baru yang siap kami tuangkan lewat karya-karya selanjutnya,” ujar Ardy.

Soul and Kith yang dalam bahasa lain disebut folk berarti sahabat dan saudara, terbentuk karena rasa bermusik yang sama. Dengan nuansa dark folk, mereka mencoba memberikan rasa musik yang beda, menggunakan lirik-lirik sederhana dengan rasa yang dalam pada tiap lagunya. Mereka seolah-olah ingin membujuk penikmatnya masuk ke dalam lagu untuk bebas berimajinasi denan pandangan, serta rasa yang muncul dari tiap nada musik yang dimainkan. (231)

Soul & Kith : Ardy dan Aik

About the author