Dek June “Istirahat” dari Lagu Pop Bali

June
Dek June

APA kabar Dek June? Cukup lama pencipta lagu, musisi, produser rekaman, juga pemilik studio Intan Dewata Record (IDRE) ini tak terdengar kiprahnya. Padahal di tahun 90-an hingga awal 2000-an, label yang dikelolanya termasuk salah satu pionir dalam rekaman lagu pop Bali. Banyak penyanyi pop Bali kenamaan yang mengawali kariernya di bawah bendera IDRE seperti Dek Ulik, Ayu Saraswati, Eka Jaya, Mang Cucun, De Balon, juga Gus Pur dan Bayu KW.

“Sekarang saya memang beralih ke bidang lain, urus usaha saja. Sudah cukup lama juga meninggalkan rekaman lagu pop Bali,” ujar Dek June di Denpasar, Rabu (22/3) sore.

Sejak era rekaman VCD merebak, diikuti dengan trend digital saat ini, Dek June mengaku posisinya sebagai produser rekaman lagu pop Bali memang berat. Memproduksi kaset, sudah tak memungkinkan lagi karena selain bergesernya trend ke rekaman VCD dan MP3, toko kaset pun bahkan kini sudah langka. Sementara kalau mengikuti produksi VCD, sangat rentan dengan bajakan. Karenanya sejak sekitar 2005, Dek June memutuskan untuk “istirahat” dari lagu pop Bali, dan dengan berat hati berhenti berproduksi.

“Selain itu kalau dulu sebelum era VCD, order pentas masih terbilang tinggi. Tiap saat ada saja tawaran grup IDRE tampil di berbagai tempat, karena setelah lagu keluar, masyarakat penasaran ingin tahu penyanyinya seperti apa. Kalau sekarang, mereka sudah bisa melihat di video klip, jadi tawaran manggung juga seret,” jelasnya.

Karena itulah, dengan berat hati Dek June melepas dua dari tiga set sound system yang dimilikinya. Hanya studio musik masih dipertahankan, itu pun hanya untuk menyalurkan hobi dan kesenangan saja, kalau sesekali ingin mengolah musik.

“Sebetulnya masih ada beberapa lagu ciptaan saya yang belum direkam, dan masih saya simpan. Lagu yang saya buat kebanyakan dibuat sesuai dengan karakter vokal penyanyinya. Jadi saya tidak pernah membuat lagu yang ready stock, tetapi setelah melihat karakter vokal penyanyinya, baru saya ciptakan,” ujar wanita yang gemar tampil dengan rambut pendek ini.

Dek June yang dilahirkan di Lampung 41 tahun silam, mulai terjun dan mencoba menjalankan studio Intan Dewata Record sejak tahun 1990. Selain banyak memproduksi album keroyokan sejumlah penyanyi pop Bali, IDRE juga menghasilkan album solo untuk beberapa penyanyi seperti Eka Jaya dan Mang Cucun. Meskipun saat ini sudah tidak memproduksi rekaman lagi, Dek June tetap menjalin hubungan baik dengan penyanyi-penyanyi yang pernah diorbitkannya, yang hingga kini masih banyak dikenal penggemar lagu pop Bali. *123

About the author