Harmonia Berupaya Beda di Lagu Baru

Harmonia bersama Rusmina Dewi

GRUP musik pop Bali yang banyak dikenal karena membawakan lagu-lagu romantis, Harmonia, baru saja meluncurkan single baru berjudul “Saling Percaya”. Di lagu ini, sekali lagi Harmonia berkolaborasi dengan biduanita, Rusmina Dewi. Tak ingin terkesan begitu-begitu saja, Harmonia berupaya menampilkan nuansa berbeda di lagunya ini.

“Kesulitan ketika menggarap musik untuk lagu ini, ya karena kami berupaya untuk menampilkan nuansa yang agak berbeda, tapi tanpa mengurangi karakter Harmonia yang sudah dikenal selama ini,” ujar Dewa Krisna, vokalis Harmonia, kepada wartawan di Denpasar, Senin (21/10) malam.

Menurut Dewa Krisna, di lagu “Saling Percaya”, Harmonia masih bermain seputaran tema cinta, bagaimana sepasang kekasih yang berusaha memupuk rasa saling percaya untuk mempertahankan hubungan, di tengah kuatnya godaan untuk berpaling ke sosok lain. Agar lebih beda, konsep musik untuk lagu ini dibuat lebih simpel. Hal berbeda lain, menurut Russminadewi, jika di dua lagu sebelumnya terutama “Sehidup Semati” ia merasa vokalnya kerendahan, di lagu ini ia menyanyi dengan vokal yang lebih tinggi beberapa oktav.

Walau demikian, menariknya “Saling Percaya” proses rekaman dan pembuatan video klip justru bisa dikebut. Proses rekaman hanya memakan waktu satu hari, begitu pun suting video klip. Selain karena konsep sudah direncanakan sedemikian rupa sebelumnya, kerja kilat juga dilakukan untuk menyiasati kesulitan mengatur waktu personel yang tinggalnya agak berjauhan.

Sebagai bocoran, lagu “Saling Percaya” digadang-gadang sebagai salah satu hits single di album ke-3 Harmonia yang direncanakan rilis awal tahun atau paling lambat pertengahan tahun depan. Materi rekaman sudah sudah siap, tinggal proses penggarapan selanjutnya.

Menariknya, cerita Dewa Krisna, lagu “Saling Percaya” yang dibuat dadakan justru semula diposisikan sebagai cadangan. Mengingat grup ini sudah cukup lama tidak mengeluarkan karya baru, selepas single “Ragu” 1,5 tahun silam, sebagai pengisi kekosongan dan mengobati kerinduan penggemar, “Saling Percaya” dimunculkan terlebih dulu.

Harmonia yang didukung formasi Dewa Krisna (vokal), Dodit (gitar), Tude (bass), dan Wahyu (cajon/drum), pertama kali muncul di blantika musik pop Bali dengan merilis album “Bahagiaku itu Kamu” di awal 2017. Nama grup ini kian banyak dikenal setelah rilis album kedua, “Sehidup Semati” di awal tahun 2018, yang melejitkan duet “Sehidup Semati” bersama Rusmima Dewi. Sukses duet ini disusul dengan duet berikutnya, “Ragu” di pengujung 2018. Untuk ketiga kalinya, Harmonia menggaet Rusmina Dewi di lagu “Saling Percaya” sebagai awal pengenalan untuk materi album ke-3 Harmonia nanti. (231)

Dari kiri ke kanan: Wahyu, Tude, Rusmina Dewi, Dewa Krisna, dan Dodit

About the author