Ketika Alien Child Mencoba Berkiprah di Balik Layar

Alien Child
Alien Child: Laras dan Aya

ALIEN Child tampaknya memang sedang on fire. Duo kakak beradik, Aya dan Laras ini seakan tiada pernah kehabisan energi dan kreativitas. Dari satu karya ke karya lain mereka lakukan dalam waktu berdekatan tanpa jeda. Bahkan kali ini mereka tidak menyanyi dan rekaman seperti biasa, namun mencoba ranah baru sebagai orang di balik layar.

Ya, Alien Child baru saja melakoni kesibukan baru sebagai produser rekaman. Hebatnya, dua karya dari dua bakat baru mereka luncurkan sekaligus. Yang satu, rekaman sekaligus video klip penyanyi cilik Zarra, yang membawakan lagu “Summertime Song”. Satunya lagi, seorang penyanyi belia bernama Naria yang dibuatkan rekaman berjudul “Beautiful This Way”.

Bisa ditebak, Aya dan Laras tak hanya bertindak sebagai produser. Lagu yang dibawakan Zarra Apsara dan Naria adalah ciptaan Laras. Sedangkan aransemen musik dan proses mixing keduanya ditangani oleh Aya. Tak hanya itu, proses pembuatan video klip juga ditangani langsung, disutradarai oleh Laras, di bawah dukungan produksi dari Matakarsa.

Kolaborasi bakat-bakat luar biasa dari Bali tersebut mulai diperkenalkan ke publik Sabtu (28/9) lalu dalam satu acara di Gedung Candra Metu, kampus ISI Denpasar. Banyak tanggapan positif muncul, terutama dengan orisinalitas karya, juga bagaimana Alien Child mencoba memunculkan bakat penyanyi anak-anak dan remaja secara natural, apa adanya, tanpa banyak rekayasa dalam proses rekaman.

Pertemuan Alien Childa dengan Zarra Apsara dan Naria bermula dari tempat latihan vokal StaccatoBali yang ditangani Heny Janawati, ibunda Alien Child. Aya dan Laras melihat potensi besar dari Zarra bukan hanya dari segi vokal, namun juga kemampuan berbahasa Inggris yang sudah fasih. Tak sulit bagi Alien Child untuk mendapatkan satu lagu tentang kecerian anak-anak yang ingin menghabiskan liburan sekolah bersama keluaga dan sahabat karib. Maka muncullah “Summertime Song”.

Hal serupa juga terjadi pada Naria, yang memiliki karakter suara pop khas dengan bahasa Inggris yang fasih pula. Mungkin karena usia yang terpaut tak terlalu jauhh, mudah juga bagi Alien Child untuk menciptakan satu lagu khusus buat Naria. “Beautiful This Way” yang dibawakan Naria mengisahkan seorang remaja yang mampu melewati fase keterpurukan setalah menghadapi celaan dan ejekan dari teman-temannya. Ia akhirnya menyadari bahwa dirinya adalah orang yang kuat yang memiliki kecantikan luar dan dalam.

“Untuk video klip, kalau Zarra kami coba buatkan video klip yang menggambarkan keceriaan anak-anak. Sedangkan untuk Naria, video klip kami buat senatural mungkin dengan gambar yang sederhana. Yang ingin ditonjolkan bagaimana fase perubahan dari suram ke ceria, terwakili lewat perubahan gambar dan latar belakang video klip,” jelas Laras.

Apakah keasyikan menjadi produser dan menggarap video klip untuk penyanyi lain akan mengalihkan kesibukan Aya dan Laras hingga mengesampikan aktivitas Alien Child? Baik Aya dan Laras tegas menyatakan tidak akan seperti itu. Alien Child akan tetap berproses dan menghasilkan karya baru. Setelah terakhir merilis single “Imajinasi Senja” beberapa waktu lalu, saat ini mereka sudah mulai memikirkan kreasi selanjutnya. (231)

About the author