Ketika D’Go Curhat Tentang Ibu Lewat Lagu

d'gO 1LAGU yang dibuat dengan sepenuh hati, apalagi berdasarkan perasaan dan pengalaman sendiri sang pencipta atau penyanyi, biasanya akan punya getaran yang kuat. Hal inilah dirasakan oleh D’Go Vaspa untuk lagu terbarunya yang diberi judul “Meme, Tiang Rindu”.

Meskipun D’Go mengaku hanya ingin mencurahkan isi hatinya, tak berniat membuat lagu yang membuat orang mewek dan menangis, toh setelah lagu dan video klipnya dirilis sejak akhir pekan lalu, banyak yang mengaku terharus dan meneteskan air mata. Alasan paling banyak, karena mereka merasakan bagaimana kuatnya hubungan batin dengan seorang Ibu, sebagaimana dituangkan di dalam lagu “Meme, Tiang Rindu”.

Kepada mybalimusic.com, D’Go mengaku ini kali pertama ia membuat lagu tanpa draft atau corat-coret untuk lirik lagu pun menyiapkan konsep musik. Semuanya terjadi secara spontan, nada-nada yang dimunculkan lewat permainan gitar dari Rus De juga langsung didapat saat bertemu dan membahas lagu ini.

“Lagu ini sebagai ungkapan perasaan saya kepada almarhum Ibu. Sekitar dua minggu setelah Ibu meninggal, ada dorongan yang kuat untuk membuat sebuah lagu. Ada satu hal yang membuat saya benar-benar sebet, saya tidak ada di sampingnya saat detik-detik terakhir,” ujar D’Go.

Penyanyi berbadan besar ini mengaku sangat dekat dengan sang ibu, orang terdekat yang sering juga menjadi tempat curhat. Bahkan ketika sang Ibu koma beberapa waktu di rumah sakit, D’Go masih sempat menyampaikan ungkapan hati, berharap sang Ibu bisa pulih kembali, melihat bagaimana cucu-cucunya yang masih kecil tumbuh dan turut mendampingi.

“Justru saat saya sedang ada di Denpasar, istirahat setelah malam sebelumnya ada acara manggung, saya mendapat kabar Ibu meninggal. Seperti ada rasa ‘marah’ dalam diri saya, kenapa saya tidak ada di sampingnya pada saat-saat terakhir. Rasa kehilangan dan seluruh kesan terhadap almarhum Ibu saya tuangkan lewat lagu. Entah kenapa saya merasa, lagu ini harus jadi,” ungkapnya.

Hal yang tak mudah bagi D’Go untuk menyelesaikan rekaman lagu “Meme, Tiang Rindu” terutama saat akan rekaman, take vocal. Ia harus break beberapa kali, karena tiap melantukan kata demi kata, rasa yang begitu kuat dan kenangan akan sang Ibu muncul kembali. “Saya tak bermaksud menjadikan ini sebagai lagu mellow, hanya ungkapan perasaan saja. Mungkin mereka yang mendengarkan lagu Meme, entah apakah sang Ibu sudah tiada atau masih hidup bersama, bisa teringat akan kebaikan sosok Ibu,” tambah D’Go.

Lantaran lagu “Meme, Tiang Rindu” memang didedikasikan untuk almarhum ibu, D’Go pun mengaku tak berpikir dan mentargetkan popularitas, apakah lagu ini akan booming atau tidak. Jika kemudian lagu ini banyak menginspirasi pendengar, mengingatkan kedekatan dan hubungan antara anak dan ibu, itu jauh lebih bernilai baginya. (231)

d'gO2

About the author