Nyanyikan Ulang Lagu Lama Sang Idola

ulik a

Dek Ulik

DEK Ulik rupanya sedang semangat-semangatnya berkarya. Tiap saat ada saja hal-hal baru yang dilakukan biduanita pop Bali kelahiran Bitra, Gianyar ini. Belum rampung duet lagu berbahasa Indonesianya dengan Fandy “Kerispatih”, ia sudah muncul dengan rekaman baru satu lagu berjudul “Rindu”.

Lagu yang dibuatkan video klip dengan nuansa sedemikian rupa ini memang bukan lagu baru. Lebih dari 20 tahun silam, lagu ini pernah dipopulerkan penyanyi pop Bali Sri Dianawati. Namun kali ini Dek Ulik membawakan ulang lagu lama sang idola dengan nuansa baru. Idola? Ya, sebelum menjadi penyanyi dulu, semasa masih kanak-kanak, Dek Ulik begitu menggemari penyanyi pop Bali Widi Widiana dan pasangan duet sekaligus adiknya, Sri Dianawati.

Kepada mybalimusic.com Dek Ulik menuturkan, aalnya ia mendengar lagu tersebut di radio di program tembang pop Bali lawas. Iseng-iseng ia coba membawakannya diiringi petikan gitar, ternyata kesannya pas, kalau musisi bilang dapat feel-nya. Muncullah pemikiran untuk membawakan dan merilis ulang lagu “Rindu”. Tak menunggu lama, Dek Ulik menghubungi Panji Kuning yang menciptakan lagu tersebut untuk minta ijin menyanyikan kembali.

“Ya tak lupa juga saya minta ijin kepada yang sudah mempopulerkan lagu ini, idola saya dari kecil, mbok Sri Dianawati,” kata Dek Ulik.

Setelah mendapat lampu hijau, penyanyi yang kerap disebut diva pop Bali ini mengutarakan idenya kepada Dek Artha untuk proses rekaman dan menggarap musiknya. Permintaan Dek ulik, bagaimana membuat lagu “Rindu” jadi terasa beda, dan dibuat versi gitar akustik agar terasa lebih kekinian.

“Di luar dugaan, berkat sentuhan tangan dinginnya lagu ini memang benar-benar jadi beda, dan luar biasa indah. Tanpa campur tangannya mungkin nggak bakal seindah ini. Karena merilis lagu yang pernah populer di jamannya merupakan tanggung jawab berat bagi saya agar bisa tampil berbeda tanpa merubah jiwa lagu aslinya,” demikian Dek Ulik.

Sejak mulai berkiprah di lagu pop Bali sekitar 20 tahun silam, Dek Ulik seakan tak pernah surut berkarya. Bahkan belakangan ia terbilang sangat produktif. Sepanjang 2019 ini saja, ia sudah melepas rekaman baru. Diawali “Bedak Uling Bangli”, disusul “Swasti Wanti Warsa” duet bersama Widi Widiana, beralih ke lagu berbahasa Indonesia “Jangan Disesali”, kembali lagi lagu berbahasa Bali “Orang Kedua”, lalu lagu berbahasa Indonesia “Pemilik Bulan Juli” duet bersama Nanda, dan terbaru lagu berbahasa Bali “Rindu”. Selepas ini pun masih ada beberapa karya yang akan dipublikasikannya. (231)