Bangkit Lagi, Pranajaya Gandeng Tri Puspa

Pranajaya

Gede Pranajaya bersama Tri Puspa

GEDE Pranajaya, salah satu penyanyi lagu pop Bali yang angkat nama di akhir 90-an, bangkit lagi. Setelah cukup lama vakum, tidak masuk dapur rekaman, ini saatnya ia muncul kembali menyapa publik penggemar lagu berbahasa Bali. Berbekal satu lagu baru “Terlalu Sayang” yang diciptakannya sendiri, kali ini Gede Pranajaya menggaet biduanita Tri Puspa.

Sebelum ini, Pranajaya sebetulnya tidak menghilang sama sekali dari blantika musik. Ia masih cukup sering bergerak di belakang layar terutama dengan menciptakan lagu untuk penyanyi lain. Namun baru sekarang ini ia berkesempatan menyanyi lagi.

“Ya awalnya terutama karena sebelumnya saya sibuk bekerja juga sembari mengasuh si kecil jadinya nggak ada waktu untuk memikirkan musik lagi dan berkarya,” ujar Gede Pranajaya kepada mybalimusic.com.

Siapa sangka dalam perjalanannya, perusahaan tempatnya bekerja gulung tikar dan Pranajaya kehilangan penghasilan. Bahkan ia sempat menganggur selama hampir satu tahun. Hingga satu ketika seorang teman lama datang minta dibuatkan lagu dan langsung memberi uang muka. Sejak itu semangat Pranajaya mulai muncul lagi.

Penyanyi yang pernah populer dengan lagu semacam “Kidung Tresna” dan “Sing Kalah Saing” ini mulai berkiprah lagi du blantika musik Bali walau masih sebatas di belakang layar. Dimulai dari hanya menciptakan lagu, belakangan ia juga kerap mengisi live suling Bali. Hingga niatnya cukup kuat untuk menyanyi lagi, dan muncullah “Terlalu Sayang” yang musiknya digarap Dek Artha.

“Kalau dibandingkan dengan lagu-lagu saya terdahulu ya memang beda. Baik  dari segi olah vokal, juga lagu yang lebih kekininian. Satu tantangan bagi saya karena lagu ini memang beda, pun di video klip yang digarap Yasa Sega saya harus berakting,” cerita Pranajaya.

Di lagu barunya ini, Pranajaya menggandeng penyanyi yang sedang aktif-aktifnya di musik Bali, Tri Puspa. Soal duet penyanyi dua generasi berbeda ini, Tri Puspa hanya berkomentar singkat. “Satu kehormatan dan kebanggaan bisa berduet bersamamu bli Gede Pranajaya, penyanyi papan atas pada zamannya. Belakangan kan dia sibuk di belakang layar, nah karena lagu ini spesial akhirnya dia mengajak saya duet,” tutur Tri Puspa.

Gede Pranajaya mulai dikenal penggemar lagu pop Bali ketika muncul dengan lagu “Kidung Tresna” di album kompilasi produksi Kaplug Dadi Record di tahun 2001. Setelah itu penyanyi kelahiran Juni 1977 ini sempat rekaman “Mebekel Sakit Hati” bersama Leucopsar dan merilis album “Sing Kalah Saing” yang menghasilkan hots “Pongpongan Berek” di Aneka Record. (231)