“Dendam”, Sisi Lain Made Aro

Aro2
Made Aro

MADE Aro, musisi Bali yang lebih dikenal sebagai Apri, personel grup band The Rolic dan The Stroomz, menuntaskan janjinua untuk merilis single berjudul “Dendam”. Lagu ini menjadi solo project ke-2, setelah sempat merilis lagu duet “Bukti Tresna” bersama sang istri sebagai hadiah ulang tahun perkawinan, setahun silam.

Menurut Made Aro, lagu “Dendam” tercipta tanpa direncanakan secara khusus. Karyanya ini muncul lebih karena adanya dorongan perasaan, bermula dari pengalaman pribadi yang kemudian ingin disampaikannya lewat satu karya. Bisa dibilang, “Dendam” menampilkan sisi lain, sisi gelap dari seorang Made Aro.

Isinya, ungkapan amarah, kesedihan dan kekecewaan mendalam yang muncul akibat serangan secara tak kasat mata. Ia sendiri pernah mengalami peristiwa yang berhubungan dengan ilmu hitan, yang kemudian menjadi ide lagu “Dendam”.

“Sebenarnya saya sama sekali tidak ada niat untuk menjadi solois, tapi karena tema lagu yang saya tulis ini sangat jauh berbeda dengan lagu-lagu yang biasa saya bawakan bersama band, jadi saya pikir lebih cocok untuk saya bawakan sendiri,” jelas Made Aro.

Tanpa ada maksud provokasi, juga dengan artwork yang ia publikasikan untuk lagu ini, Made Aro menambahkan, lirik lagu ia buat secara umum tanpa menyinggung siapa-siapa. Dendam yang dimaksudnya dalam judul adalah dendam secara umum. Karenanya lagu ini diharapakn bisa menjadi “obat penenang” bagi mereka yang mungkin punya dendam pribadi karena masalah lain seperti percintaan, pertemanan, atau masalah keluarga.

Mungkin untuk mendapatkan sentuhan personal yang lebih kuat, Made Aro melakukan sendiri sebagiab proses penggarapan “Dendam” mulai dari menulis lagu, music director, mengarahkan suting video klip, termasuk proses penyuntingan.

“Ya nggak semuanya sih saya kerjakan sendiri. Saya juga dibantu beberapa kawan untuk operator rekaman, juru kamera, juga model dalam video klip. Saya juga didukung perupa Putu Bonus yang meminjankan studio lukisnya serta beberapa properti untuk digunakan dalam video,” ujar Made Aro.

Setelah “Dendam”, Made Aro juga berencana merilis lagu-lagu lain yang berkenaan dengan pengalaman pribadinya. Lagu mana menurutnya bukan tak mungkin akan menjadi satu mini album. Walau itu baru sebatas kemungkinan, karena ia sendiri saya belum begitu berpikir ke arah itu. (231)

Aro1

About the author